Berita Headline Berita Terkini Hukum 

7 Orang Kena OTT KPK di Balikpapan

 

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Balikpapan. Dari informasi sementara yang dihimpun, hasil operasi berhasil mengamankan seorang hakim.

Selain hakim, KPK juga mengamankan dua pengacara, satu panitera muda dan seorang warga sipil. Seluruhnya, ada tujuh orang yang berhasil diamankan lembaga pemberantas korupsi itu.

OTT yang dilakukan diduga terkait suap dalam penanganan kasus penipuan di persidangan. Dari operasi itu, KPK menyita uang senilai Rp100 juta. Kelimanya, telah dibawa ke Mapolda Kaltim untuk pemeriksaan lanjut.

KPK mengamankan mereka setelah mendapat informasi akan terjadinya transaksi pemberian uang pada hakim yang mengadili sebuah perkara pidana di Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan tersebut. Setelah dicek di lapangan dan terdapat bukti-bukti awal, maka sejumlah tindakan dilakukan.

Uang yang diamankan dalam perkara tersebut diduga merupakan bagian dari permintaan untuk membebaskan terdakwa dari ancaman pidana dalam dakwaan kasus penipuan terkait dokumen tanah.

Sementara berdasarkan pantauan di kantor Pengadilan Negeri Balikpapan yang merupakan tempat berlangsungnya OTT, tak menunjukan adanya aktivitas serius.

Suasana di kantor tersebut sepi. Hanya ada beberapa penjaga alias sekuriti di pos penjagaan. Salah satu sekuriti saat dikonfirmasi terkait OTT tersebut tak berkata banyak.

“Beritanya ada. Iya ada,” katanya.
Dia mengatakan, dirinya tak berani bicara banyak. “Kurang ngerti. Makanya kita enggak berani kasih tahu karena sementara sekuriti yang jaga dari pagi sampai sore dibawa ke Polda Kaltim,” tuturnya.

Diketahui tujuh orang yang diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Balikpapan , akhirnya diterbangkan ke Jakarta.melalui Bandara Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan , pukul 05.25 WITA.

pelaku yang diamankan dikawal dua petugas kepolisian.
Salah satu petugas tampak menenteng satu kotak berisi berkas, yang diduga merupakan barang bukti hasil operasi tangkap tangan (OTT).

Beberapa orang yang diamankan ini diterbangkan ke Jakarta menumpang Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-561.

Tampak petugas KPK turut serta dalam penerbangan untuk diketahui penangkapan ini juga dibakcup oleh Jatanras Ditreskrimum Polda Kaltim. (*)

Penulis : Resy W S (Echi)

Editor : Michael M

Berita Terkait