9 Ormas Kaltim Deklarasikan Satu Visi Kapolda Kaltim Beri Apresiasi Para Penggagas Aliansi 9 Ormas dan OKP

 

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com – Sembilan organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan menyatukan persepsi dan visi serta misi dalam hal memperkuat komunitas lokal untuk berpartisipasi membangun Kaltim maupun Kalimantan.

Disaksikan langsung Kapolda Kaltim, Brigjen Pol Drs Priyo Widyanto, Pangdam VI Mulawarman yang diwakili Asisten O Asisten Teritorial, Kolonel Inf Heri Setya Kusdiantana, Walikota Balikpapan, H Rizal Efendi SE, Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta dan Bupati Penajam Paser Utara, Drs. H. Yusran Aspar, M.Si yang juga membacakan deklarasi Aliansi 9Organisasi Massa dan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), di Ballroom Hotel New Benakutai, Balikpapan, Sabtu (27/1/2018).

Kesembilan Ormas dan Daerah yang tergabung dalam Aliansi Ormas dan OKP tersebut, diantaranya, Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB), Komando Pengawal Pusaka Adat Dayak (KOPPAD) Borneo, Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (Gepak), Laskar Pemuda Adat Dayak Kalimantan Timur (LPADKT), Komando Pemuda Adat Dayak Kalimantan (KPADK), Gasak Libas, KAM, Macan Borneo dan GP Ansor.

Isi dari surat deklarasi hyang dibacakan Yusran Aspar, garis besarnya Aliansi 9 ormas ini tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta menolak upaya menggantikan falsafah negara dengan mengatasnamakan agama maupun kelompok tertentu.

Dimana, dibentuknya Aliansi ini muncul dari rasa persaudaraan dan kesamaan persepsi tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan dalam keragaman demi keutuhan bangsa dan negara Indonesia, dengan mengedepankan nilai-nilai persaudaraan sejati sebagai sesama anak bangsa dari berbagai latar belakang suku bangsa serta sebagai ormas daerah dan OKP di Balikpapan.

Ada tiga poin yang menjadi kesepakatan bersama dalam deklarasi tersebut. Yakni :

  1. Kami siap mengawal dan menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sebagai konsensus Dasar Bangsa dan Negara Indonesia
  2. Kami menolak keras semua gerakan yang berupaya untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, dan berupaya untuk mengganti falsafah negara mengatasnamakan agama maupun kelompok tertentu.
  3. Kami selalu siap menjaga membela dan mengawal Kota Balikpapan tercinta bersama-sama dengan pemerintah daerah, TNI dan Polri.

Koordinator Aliansi Ormas dan OKP Suriansyah, mengatakan bahwa aliansi ini mendukung keutuhan dan menjaga NKRI sebagai harga mati. “ Kami senantiasa  akan terus bekerja sama untuk membangun, menjaga dan membela Balikpapan khususna maupun Kaltim serta Kalimantan secara umum. Karena sudah menjadi komitmen bersama,” kata Suriansyah yang ditambahkan, Dr. Abriantinus MA, usai deklarasi Aliansi 9 Ormas dan OKP.

Sementara itu, Kapolda Kaltim Brigjen Pol Priyo pun memberikan apresiasi kepada para penggagas terbentuknya organisasi ini. “Saya memberikan apresiasi kepada mereka yang memeiliki ide untuk mendirikan organisasi ini. Struktur organisasi yang menggunakan koordinator, cukup tepat untuk organisasi ini. Yang terpenting bisa bersama ikut membangun dan mejaga keamanan bersama,” uajrnya.

Momentum Pemilihan Kepala Daerah di Kalimantan Timur saat ini, Kapolda Priyo meminta untuk organisasi ini ikut melibatkan diri berpartisasipasi untuk mensukseskan pesta demokrasi Kaltim yang tertib dan aman.

“Kaltim memang tidak masuk dalam status rawan politik. Namun kerawanan itu muncul dari masyarakat (Pendukung pasangan calon). Terbentuknya Aliansi ini cukupmembantu kepolisian dalam hal menjaga kondusifitas keamanan dan kenhyamanan,” tegasnya.(*)

 

Penulis : Michael M

Editor : M R Mailangkay

 

Berita Terkait