Internasional Technology 

NASA siapkan aplikasi untuk percepat waktu penerbangan

nasa

Cahayakaltim.com — NASA yang dikenal berkecimpung dengan misi penerbangan luar angkasa, dikabarkan sedang mengembangkan teknologi baru untuk penerbangan di Bumi.

Menurut laporan laman Engadget, yang dikutip Sabtu (26/9/2015), informasi ini diketahui setelah NASA mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan software yang dapat mengurangi penggunaan bahan bakar, emisi korban, dan waktu perjalanan untuk penerbangan komersial.

Aplikasi yang diberi nama TAP (Traffic Aware Planner) ini nantinya akan membantu pesawat untuk menentukan rute perjalanan yang paling cepat berdasarkan pembacaan terhadap posisi pesawat dan jalur penerbangan yang akan dilalui.

TAP juga tidak akan mengubah peran pilot dan awak darat yang sudah mapan, sehingga teknologi ini dapat segera diimplementasikan. Ditambah software ini nantinya cukup digunakan lewat tablet, tanpa perlu menambah perangkat lain di dalam kabin pesawat.

TAP dapat dikatakan seperti sebuah aplikasi super yang dapat memberi informasi terkait penerbangan secara real time. Sebuah teknologi yang jauh berbeda dari teknologi yang ada saat ini,” ungkap Tom Kemp, Vice President Alaska Airlines.

Aplikasi ini dikabarkan baru dapat digunakan paling tidak tiga tahun dari sekarang. Beberapa perusahaan penerbangan juga diinformasikan telah tertarik menggunakan teknologi ini, seperti Virgin America dan Alaska Airlines.

Selain itu, TAP juga dapat memberitahukan informasi kondisi cuaca serta arah angin secara real-time ketika digunakan di pesawat yang memiliki koneksi internet guna dapat meningkatkan keamanan serta efisiensi penerbangan di masa depan.

Sumber : Liputan6

Berita Terkait