Balikpapan 

Balikpapan gelar Erau Pelas Benua sederhana

Tarian Dayak Kenya. (alfian tamzil/cahayakaltim.com)
Tarian Dayak Kenya. (alfian tamzil/cahayakaltim.com)

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Balikpapan ke 119, Dinas Pariwisata Kota Balikpapan menggelar Erau Pelas Benua yang diselenggarakan di pantai Banua Patra, Minggu (7/2/2016).

Erau Pelas Benua ini sebenarnya merupakan upacara peringatan hari ulang tahun kerajaan Kutai Kartanagara Ing Martadipura. Yang dahulunya Kota Balikpapan merupakan wilayah kerajaan Kutai. Sehingga disetiap peringatan Ulang Tahun Balikpapan Erau Pelas Benua ini selalu digelar.

Hadir pada acara ini diantaranya Paduka Sultan Aji Muhammad Solahudin II beserta seluruh kerabat kerajaan Kutai. Mulai dari putra mahkota, para mentri hingga keluarga besar kesultanan.

Pada acara ini sempat digelar ritual bepelas. Sebuah ritual yang wajib dilakukan oleh kesultanan sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa serta memohon agar dijauhkan dari segala bencana.

Setelah acara Bepelas usai dilakukan, panitia penyelenggara juga menampilkan beberapa tarian daerah, seperti tari Jepen, tari Hentak Melati, tari Dayak Kenyah, tari Pendet yang merupakan tarian asal Bali dan Tari Nabar yang merupakan tarian yang berasal dari Maluku Tenggara.

Acara pentas budaya ini digelar selama 5 hari yang dimulai sejak Minggu (7/2/2016) hingga Jumat mendatang. Di mana acara pentas budaya ini menampilkan berbagai tarian dari berbagai daerah di nusantara.

Penampilan tari tarian dari berbagai daerah ini memang sengaja digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Balikpapan, sebagai tanda bahwa warga Balikpapan terdiri dari berbabagai suku dan budaya yang sudah lama menetap di Kota Balikpapan. (alfiantamzil)

Berita Terkait