Kesehatan 

Begini 5 manfaat jahe untuk kesehatan

Begini 5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Tidak hanya segar dan menghangatkan, jahe ternyata dapat digunakan untuk berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh. Apa saja?

CAHAYAKALTIM.com – Salah satu tanaman di indonesia yang memiliki khasiat bagi kesehatan adalah jahe. Jahe dikenal memiliki rasa sedikit pedas dan menghangatkan tubuh, apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan cuaca dingin.

Tak hanya itu, ternyata tanaman yang memiliki warna coklat dan merah ini berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut manfaat jahe yang dapat dijadikan sebagai obat bagi kesehatan tubuh seperti dilansirlifehack, Selasa 8 September 2015.

1. Meningkatkan sirkulasi darah
Senyawa gingerol dan zingerone pada jahe membantu menghangatkan tubuh, sehingga menciptakan peningkatan sirkulasi. Asam amino dalam jahe membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung. Ada juga banyak efek positif sisi perbaikan sirkulasi sehingga fungsi organ menjadi sehat.

2. Membantu menghilangkan rasa sakit
Gingerol, senyawa kunci yang ditemukan di jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menghilangkan rasa sakit. Bagi mereka yang menderita migrain, jahe dapat membantu dengan menghalangi prostaglandin yang bertanggung jawab untuk menyebabkan sakit kepala.

3. Meringankan kram menstruasi.
Jahe diketahui efektif dalam mengobati gejala yang berhubungan dengan menstruasi seperti kram, kelelahan dan PMS (Premenstrual Syndrome). Jahe membantu mengendurkan otot-otot, sehingga mengurangi kram. Wanita yang sering mengalami periode berat atau tidak teratur baik untuk mengonsumsi jahe.

4. Menghilangkan mual dan penyakit saluran pencernaan.
Sifat aktif seperti minyak atsiri dan senyawa fenol membantu meringankan sakit perut. Jika Anda menderita mabuk, minum secangkir jahe sebelum anda jalan akan membantu membuat perjalanan Anda lebih mudah.

5. Memperkuat sistem kekebalan.
Kandungan antioksidan pada jahe membantu menjaga kekebalan tubuh seperti flu. Sedangkan kandungan kromium, seng dan magnesium, membantu sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, jahe memiliki antibiotik, antimikroba, anti-inflamasi dan sifat antiseptik yang dapat membantu mencegah banyak penyakit kesehatan umum dan infeksi. (lsm/dream)

Berita Terkait