Sport 

Belanja pemain klub-klub Liga Primer tembus Rp18,8 triliun

Image copyrightGetty
Image captionBesaran nilai transfer musim panas ini disumbangkan dari pembelian Kevin De Bruyne (kiri), Anthony Martial (tengah), dan Raheem Sterling (kanan).

CAHAYAKALTIM>COM–Jumlah uang yang dikeluarkan klub-klub Liga Primer untuk menggaet pemain baru musim panas ini menorehkan rekor baru dengan menembus £870 juta atau setara dengan Rp18,8 triliun.

Angka tersebut meningkat 4% jika dibandingkan dengan jendela transfer musim panas tahun lalu.

Peningkatan tahun ini disebabkan oleh pembelian sejumlah pemain bernilai puluhan juta pound.

Manchester City, misalnya, telah merogoh kocek sebanyak £55 juta untuk meminang gelandang Kevin De Bruyne dari Wolfsburg dan £49 juta untuk mendatangkan Raheem Sterling dari Liverpool. Berkat dana sebesar itu, De Bruyne dan Sterling menempati peringkat dua dan empat pada daftar pemain termahal Liga Primer sepanjang sejarah.

Gencarnya the Citizens—julukan Manchester City—mengeluarkan uang tidak lepas dari faktor pencabutan pembatasan belanja transfer oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris setelah target Financial Fair Play terpenuhi.

Gara-gara pembatasan tersebut, City hanya bisa membelanjakan £49 juta tahun lalu. Bahkan, klub tersebut didenda £16,3 juta karena menyalahi aturan UEFA.

Sibuk

Selain City, klub-klub Liga Primer lainnya juga tampak sibuk berbelanja. Liverpool menggunakan uang yang diperoleh dari penjualan Sterling untuk merekrut tujuh pemain, termasuk Christian Benteke (£32,5 juta), Roberto Firmino (£29 juta), dan Nathaniel Clyne (£12 juta).

Manchester United menghabiskan £139 juta guna menggaet pemain mudaAnthony Martial dari klub Prancis AS Monaco senilai £36 juta, Memphis Depay, Matteo Damian, Bastian Schweinsteiger, dan Morgan Schneiderlin.

Bahkan Watford, yang baru dipromosikan ke Liga Primer, telah mendatangkan 15 pemain baru.

 

Apabila semua nilai transfer ini diakumulasi sejak sistem jendela transfer diberlakukan pada 2002, jumlah transfer melampaui £7,3 miliar pound. Dari jumlah itu, menurut sejumlah analis keuangan dari firma Deloitte, 80% mengalir pada musim panas. Sisanya dialokasikan pada jendela transfer Januari.

Liga lain

Besaran nilai transfer pemain Liga Primer sejauh ini tidak bisa dikalahkan liga-liga lain di Eropa.

Penggelontor yang paling mendekati ialah klub-klub Serie A Italia dengan £405 juta diikuti La Liga Spanyol (£400 juta). Adapun Bundesliga Jerman dan Ligue 1 Prancis terpaut jauh. Para penghuni kedua liga itu masing-masing mengeluarkan £290 juta dan £220 juta.

“Serie A luar biasa sibuk pada jendela transfer kali ini, namun jumlah belanja mereka masih setengahnya Liga Primer,” kata wartawan BBC, John Bennett.

Yang menjadi catatan ialah Real Madrid mengingat klub itu tidak tampak gencar membeli kumpulan pemain binatng seperti musim-musim sebelumnya. Pada jendela transfer musim panas ini, Los Blancos—julukan Real Madrid—‘hanya’ membeli Mateo Kovacic dan Danilo. (bbcindoennsia)

Berita Terkait