Berita Terkini Kesehatan 

Bercinta yang aman setelah melahirkan

Bercinta yang Aman Setelah MelahirkanPaska melahirkan, tubuh dan pikiran wanita mengalami perubahan fisik, emosional dan hormonal. Untuk melakukan hubungan seksual terkadang menjadi hal yang mengkhawatirkan untuk para wanita.

CAHAYAKALTIM.com – Paska melahirkan, tubuh dan pikiran wanita mengalami perubahan fisik, emosional dan hormonal. Untuk melakukan hubungan seksual terkadang menjadi hal yang mengkhawatirkan untuk para wanita.

Kondisi ini dikarenakan para wanita lebih ekstra keras menjaga kondisinya setelah melahirkan. Dikutip dari Idiva, Senin 31 Agustus 2015 bersama dengan mengalami perubahan hormonal para wanita akan mengalami penurunan libido.

Untuk tetap merasakan kenikmatan hubungan intim, berikut yang perlu diperhatikan para wanita:

1. Lakukan Perlahan

Cara terbaiknya adalah melakukannya dengan tidak terburu-buru. Pastikan semua luka karena melahirkan sudah sembuh total dan tidak ada lagi rasa sakit fisik yang berasal dari jahitan, pendarahan, caesar, episiotomi, dispareunia dan kurangnya lubrikasi vagina.

Dokter biasanya merekomendasikan pasien untuk sepenuhnya pulih sebelum mereka menikmati segala bentuk keintiman fisik. Setelah melahirkan, sang ibu masih akan berdarah dan pada risiko tinggi akibat perdarahan atau infeksi rahim.

Untuk itu dalam jangka waktu empat sampai enam minggu dibutuhkan waktu untuk penyembuhannya. Konsultasikan dengan dokter untuk lebih mengetahui kondisi siap atu tidaknya melakukan hubungan intim.

2. Berkomunikasi

Diskusikan semua masalah yang Anda bersama dengan pasangan. Hal ini penting agar komunikasi tetap terbuka dan terjaga. Selain itu berkomunikasi dapat menciptakan suasana yang nyaman. Saat berkomunikasi akan membantun memahami perasaan

3. Terima Perubahan Bentuk Badan

Kehamilan akan membawa seluruh banyak perubahan dalam tubuh. Anda akan memiliki perut yang masih kendur, kaki bengkak, payudara membesar dan dorongan seks rendah.

Tapi dengan cinta dan sedikit kesabaran maka hal tersebut dapat diterima dengan baik.

4. Menjaga Kesehatan

Jangan pernah mengabaikan kesehatan. Rutin mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Serta melakukan olahraga yang banyak melibatkan panggul untuk memperkuat.

Para ibu juga membutuhkan semua nutrisi, terutama jika Anda sedang menyusui si kecil. Istirahat yang cukup sehingga rasa khawatir dapat hilang perlahan. (Ism/dream)

Berita Terkait