Berita Headline Berita Terkini Politik 

Calon Independen Harus Mengejar Ketinggalan

IMG_0720BALIKPAPAN, Cahayakaltim.com-Dua pasangan calon yang akan bertarung melalui jalur independen pada pemilihan walikota dan wakil walikota Balikpapan di akhir 2015 mendatang, terpaksa harus mengejar ketinggalan dalam memenuhi syarat.

Pasalnya, verifikasi faktual yang dilakukan KPUD Balikpapan menemukan keduanya masih jauh dari memenuhi syarat dukungan minimal.

Ketua KPUD Balikpapan, Noor Thoha mengatakan, pihaknya menemukan dukungan ganda dari syarat yang diajukan kedua pasang calon.

“Karena dukungan ganda itu maka kekurangannya cukup banyak,” kata Thoha.

Dr Hakim dan Wahidah serta Achdian Noor dan Abriantinus menghangatkan suasana lewat pencalonan di jalur independen.

Namun dalam rapat pleno yang dilaksanakan di Kantor KPUD di Jl Jendral Sudirman, Selasa (14/7/2015) lalu, dirilis bahwa dua pasang calon masih kekurangan dukungan yang tidak main-main.

Achdian Noor-Abriantinus, mengumpulkan 1.139 dukungan sah dari syarat 44.854 minimal dukungan. Sementara itu Abdul Hakim-Wahidah yang baru mengumpulkan 5.012 dukungan.

Atas hasil itu, KPU mewajibkan kedua pasangan memenuhi kekurangan itu namun dengan syarat tambahan, yakni untuk lolos di kesempatan kedua verifikasi maka dukungan yang harus dipenuhi berlipat saat pengajuan verifikasi tahap kedua dilakukan.

Itu berarti pasangan Achdian Noor-Abriantinus masih butuh 87.430 dukungan, sementara pasangan Abdul Hakim-Wahidah butuh 79.684 dukungan lagi.

Mereka diberikan kesempatan hingga 4 Agustus mendatang untuk melengkapi kekurangan dukungan tersebut.

“Kesempatan keduanya sampai 4 Agustus dan itu harus memasukan dukungan kekurangannya dua kali lipat,” katanya. (dani)

Berita Terkait