Berita Terkini Fenomena 

Cerita horor para Astronot saat di luar angkasa

Luar angkasa

CAHAYAKALTIM.com–Mungkin selama ini banyak yang penasaran bagaimana rasanya melakukan perjalanan ke luar angkasa, bagaimana cara bergerak di gravitasi nol, bagaimana melihat bumi secara langsung dari jauh dan masih banyak lagi pertanyaan di benak masing-masing. Jika Anda sempat membayangkan perjalanan luar angkasa yang dilakukan para astronot itu menyenangkan, itu salah, ternyata ada begitu banyak cerita mengerikan seputar perjalanan luar angkasa yang dialami oleh para astronot, yang pasti perjalanan luar angkasa itu mengancam nyawa mereka.

Dilansir dari news.discovery.com, berikut ini ada 4 fakta mengerikan seputar perjalanan luar angkasa berdasarkan pengalaman yang dialami oleh para astronot.

 

1. Bangkai Makhluk Hidup

Berbagai penelitian yang telah dilakukan tidak bisa dipungkiri lagi telah memakan sejumlah nyawa, baik itu para astronot maupun makhluk hidup lain seperti hewan. Bahkan untuk mengetahui bagaimana manusia bisa bertahan hidup saat berada di gravitasi nol, NASA sudah berulang kali mengirim berbagai jenis hewan untuk diteliti bagaimana cara mereka bergerak di luar angkasa, hewan-hewan yang dikirim sudah bisa dipastikan tidak akan dibawa kembali ke bumi, mereka mati menjadi bangkai di luar angkasa.

Belum lagi sejumlah misi luar yang mengharuskan para astronot melakukan perjalanan ke luar angkasa, sayangnya tidak semua pesawat bisa kembali ke bumi dengan selamat. Kini sudah bisa dibayangkan banyaknya bangkai yang sudah menjadi mumi dari berbagai jenis hewan, monyet, anjing dan juga manusia yang terus mengorbit bumi.

 

2. Fasilitas Toilet Yang Mengerikan

Astronot Alan Shepard yang pernah melakukan perjalanan luar angkasa di tahun 1961 lebih memilih untuk buag air kecil di dalam celana saat berada di pesawat Freedom 7 yang dia tumpangi. Andrew Chaikin, seorang penulis buku khusus tentang luar angkasa menceritakan tentang perjalanan luar angkasa yang begitu mengerikan.

Andrew Chaikin menceritakan keadaan toilet dalam bukunya, dia menggambarkan bahwa toilet di ruang angkasa hanyalah suatu benda berbentuk topi dengan pinggiran ada lapisan perekat. Para astronot juga harus mengoleskan lapisan anti kuman setelah mereka buang air. Para astronot berbagi pengalaman mereka, saat mereka terpakasa untuk buang air kecil yang harus dilakukan adalah telanjang, bawalah tisu sebanyak-banyaknya, lakukan secepat mungkin sebelum urin menjadi beku.

 

3. Kebocoran Udara

Pengalaman kebocoran udara salah satunya pernah dialami oleh Alexei Leonov, kosmonot Rusia pertama yang melakukan perjalanan ke ruang angkasa di tahun 1965. Alexei Leonov sempat mengalami kejadian yang tidak diantisipasi sebelumnya yaitu kebocoran udara sehingga pakaiannya mengalami kaku. Kakunya kostum yang dia gunakan membuatnya terpaksa dengan susah payah harus kembali ke dalam kapsul karena dia harus segera menurunkan tekanan di dalam kostum atau bahan kostum itu akan menggencetnya ke dalam.

Selain itu Alexei Leonov juga harus mengalami hal mengerikan lainnya saat pesawat yang dia tumpangi ternyata meleset dari jalur sehingga harus mendarat di pugunungan Ural Rusia. Dia terpaksa terus berada di dalam kapsul ruang angkasa sampai tim penyelamat datang sebab keadaan tidak memungkinkannya keluar, serigala lapar sudah menunggu di luar.

 

4. Dekompresi Mendadak

Perjalanan luar angkasa benar-benar mempertaruhkan nyawa, ada 3 astronot Soyuz 11 tewas pada saat pesawat melepas tekanan udara ketika akan masuk kembali ke atmosfir. Pengalaman yang serupa juga ternyata pernah dialami oleh seorang teknisi bernama Johnson Space Center, Houston, AS yang saat kejadian itu dia beruntung karena masih bisa selamat. Saat Johnson masih berada di ruang vakum, kecelakaan yang tak terduga terjadi. Kostum yang dia gunakan ternyata kehilangan tekanan.

Saat itulah pengalaman mengerikan itu, sebelum dia sempat hilang kesadaran, yang dia rasakan adalah sensasi lembab dan seperti mendidih di bagian lidahnya, untungnya penanganan segera dilakukan dan dia pun selamat.

Sebagian pakar menjelaskan keadaan yang akan terjadi jika mengalami dokempresi mendadak yaitu daging yang membengkak, bola mata meletus, paru-paru pecah dan darah menguap. Beruntung Johnson bisa selamat dari keadaan yang mengerikan itu. (liputan6)

Berita Terkait