Berita Headline Hukum 

Dari secarik kertas terungkap ulah cabul oknum politisi Balikpapan

 

Kanit PPABALIKPAPAN, cahayakaltim.com–Seorang pria berumur 60 tahun, yang dikenal berinisial IM terpaksa ditahan polisi setelah di laporan warga telah melakukan ti dakan asusila atau pencabulan terhadap 3 orang anak sekaligus.

“Laporan sudah kami terima dan tersangkanya sudah kami tahan. Dan dasar penahanan berdasarkan keterangan beberapa saksi (korban) dan juga bukti hasil visum. Sehingga IM kami jadikan tersangka,” kata Kanit Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Balikpapan, Ipda Kusti Winarsih, saat diwawancarai cahayakaltim.com di ruang kerjanya, Senin (11/10/2015).

Menurut Kusti, kasus dugaan pencabulan yang melibatkan seorang tokoh politik Kota Balikpapan ini terkuak setelah orang tua salah satu korban pencabulan menemukan selembar kertas yang berisi curahan hati seorang bocah yang masih berumur 9 tahun.

“Kasus ini terugkap setelah orang tua korban menemukan kertas yang berisi tulisan keluhan anak yang menyebutkan kalau dia dicabuli oleh Kai (panggilan tersangka oleh anak-anak). Dan setelah dimintai keterangan, anak tersebut mengaku kalau dirinya (daerah sensitif) dipegang  pelaku,” jelas Kusti yang dilanjutkan Kanit Humas Polrea Balilpapan Ipda Suharno.

Kendati sudah ada keterangan para korban, namun kata Kusti, pelaku masih bungkam dan menolak tuduhan tersebut. “Hingga saat ini pelaku belum mengakui tuduhan tersebut. Namun dia tetap kami tahan berdasarkan keterangan dan bukti yang ada ini.

Kepada IM, polisi menjeratnya dengan Pasal 80 Undang-undang RI no 35 tentang perlindungan anak. Dimana ancaman hukumannya lebih dari 10 tahun. (michael)

Berita Terkait