Posts Grid

Juni 19, 2021

cahayakaltim.com

Jernih Inspiratif

Dua Begal Lumpuh Usai Terima ‘Timah Panas’ Polisi

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com—Sempat terjadi aksi kejar-kejaran di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Balikpapan, sehingga polisi terpaksa di melumpuhkan dua begal dengan menghadiahi timah panas yang mengenai kaki kiri dan kanan tersangka, di Rapak Plaza Balikpapan, Senin (29/1/2018).

Kedua begal bernama Septian (25) dan Suhendar (26) asal Balikpapan, yang diduga merupakan jaringan sindikan begal yang beroperasi di Kalimantan Timur.

Direktur Reserse Kriminal Umum, Komisaris Besar Polisi, Hilman mengatakan, kedua begal ini, ditangkap saat hendak menjual salah satu barang rampasan di salah satu toka jual beli ponsel di kawasan Muara Rapak.

Saat hendak ditangkap, keduanya berusaha kabur. Sehingga polisi terpaksa melumpuhkan kedua tersangka.

“Mereka sering berganti-ganti pasangan. dan melakukan kejahatan di Balikpapan dan Samarinda. Penangkapan ini berhasil karena adanya informasi dari masyarakat,” kata Hilman, kepada cahayakaltim.com, Senin (29/1/2018) di Polda Kaltim.

Sejauh ini, lanjut Hilman, aksi mereka sudah ada belasan tempat di Balikpapan dan Samarinda. Namun tidak menutup kemungkinan akan bertambah selama pihaknya melakukan pengembangan penelidikan.

“Sementara ini, menurut pengakuan tersangka Curat dan Curas ini, mereka sudah berasksi di 10 titik di Kota Balikpapan dan Samarinda. Namun dugaan kami bisa lebih tempat,” ujar Hilamn.

Modus yang digunakan begal ini, sebelum beraksi pelaku melakuakn hunting di TKP. Bila menemukan sasaran mereka memepet motor korban dan merampas barang milik korban dengan mengeluarkan senjata tajam untuk menakuti dan mengancap korban. Setelah berhasil mendapatkan barang rampasan pelaku langsung kabur.

Dalam kasus ini, lanjut Hilman, selain mengamankan dua begal, polisi juga mengamankan satu orang tersangka lain yang berperan sebagai penadah.

“Jadi dalam kasus ini kami baru menangkap 3 pelaku. Salah satunya penadah barang hasil kejahatan kedua begal tersebut. Namun kami juga sedang melakukan perburuan terhadap tersangka lain yang juga bagian dari sindikat begal ini,” kata Hilman. (*)

Penulis : Michael M

Editor : M R Mailangkay

 

%d blogger menyukai ini: