Berita Headline Bumi Etam 

Garuda Indonesia jajaki 20 daerah di Kaltim

Dirut Garuda Arif Wibowo

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Direktur Utamarif,  PT Garuda Indonesia (persero) Arif Wibowo mengatakan, Garuda akan membuka peluang menerbangi 20 Kota yang ada di Kalimantan Timur.

Hal tersebut, diungkapkan Arif usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak di Samarinda. “Dalam pertemuan kemarin, Gubernur meminta agar Garuda mbisa connecting 20 daerah di Kaltim.,” kata Arif, kepada cahayakaltim.com, Senin (17/8/2015) usai menghadiri upacara kemerdekaan di Balikpapan.

Menurut Arif, moment sekarang yang mana BUMN hadir untuk negeri, kita juga berharap bisa menghubungkan sampai ke wilayah paling ujung.

Untuk itu, lanjutnya, Garuda akan melakoni studi untuk memastikan kelayakan membuka penerbangan di beberapa Kota dan Daerah di Kaltim.

“Banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membuka jalur penerbangan, mulai dari besarnya permintaan atau pasar, income per kapita, populasi, hingga industri yang berkembangan di daerah-daerah setempat,” terang Arif.

Tidak hanya itu, factor utama tentu adalah kemampuan Garuda untuk menerbanginya. Berapa runway dan armada pesawat kita. Belum lagi tentang keselamatannya, bandara, navigasi, dan sebagainya. Setelah semua kajian itu dianggap layak maka bisa diwujudkan.

Sementara itu, hingga kini Garuda sendiri baru membuka rute penerbangan ke tujuh kota besar di pulau Kalimantan, yakni: Balikpapan, Tarakan, dan Berau di Kalimantan Timur dan Utara, Banjarmasin di Kalsel, Pontianak, Palangkaraya dan Putusibau di Kapuas Hulu di Kalteng. (michael)

 

Berita Terkait