Posts Grid

April 11, 2021

cahayakaltim.com

Jernih Inspiratif

Gedung Parkir Klandasan Dijadikan Pusat Ekraf

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com — Untuk meningkatkan pelayanan dan aktifitas Gedung Parkir Klandasan (GPK) Balikpapan, Pemerintah Kota Balikpapan menjadikan gedung tersebagai pusat Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan, Sudirman Djayaleksana mengatakan, rencana ini merupakan wujud memfasilitasi kreativitas anak muda dan industri kreatif Balikpapan. “Nantinya tanggal 9 Februari 2019, gedung tersebut akan diresmikan secara formal sebagai pusat Ekraf. Aktivitas akan dilakukan di gedung parkir,” jelas Sudirman.

Ada sekira 20 kios yang sudah siap di lantai 1 dan 2 GPK. Kios tersebut akan disewakan, mengacu pada Perda mengenai retribusi. Dishub Balikpapan sebagai pengelola yang akan mengelola dana retribusi dan disetorkan kepada khas daerah.

Sementara untuk Gedung Parkir Klandasan sebagai tempat parkir, per harinya sudah ada sekira 30 sampai 50 unit mobil yang parkir. Untuk motor diperkirakan lebih dari 50 unit per hari. Sampai saat ini Sudirman mengkreng keterisian GPK sudah berjalan dengan baik.

“Memang kalau dari luar saja terlihat sepi tapi itu sebenarnya sudah terisi. Termasuk juga untuk sewa gedung pernikahan kan sudah berjalan. Sampai saat ini progresnya bagus,” ujarnya.

Untuk diketahui untuk kapasitas parkir di GPK adalah 413 unit motor dan 254 unit mobil. Untuk mobil, parkir berada di lantai 3 hingga 7. Sementara parkir motor di lantai 1 dan 2. Sampai kini yang jadi kendala Dishub dalam mengejar perolehan retribusi adalah kurangnya minat parkir.

GPK pada awalnya dibangun untuk mempersiapkan dan mengatasi parkir di sepanjang kawasan tertib lalu lintas (ktl) sepanjang jalan Jendral Sudirman. namun kemudian di sepanjang jalan tersebut juga ada beberapa usaha milik masyarakat yang menyediakan parkir.

“Seperti di ruko bandar, pasar, dan BRI, itu juga sudah menyiapkan parkirnya sendiri. jadi harapkan semoga gedung parkir nanti akan mulai terlihat lebih penuh setelah kios terisi,” jelasnya. (*)

Penulis : Echi

Editor : Michael M

%d blogger menyukai ini: