Berita Headline Berita Terkini Politik 

Giliran Rizal-Rahmad daftar ke KPU

Empat Calon Bakal Ramaikan Pilkada Balikpapan

11755180_916434871754907_2925253893357605800_nBALIKPAPAN, Cahayakaltim.com—Setelah Abdul Hakim – Wahidah dan Achdian Noor – Abriantinus sudah mendaftar ke KPUD Balikpapan, Senin (27/7/2015), gilirian pasangan H Rizal Effendy – Rahmad Mas’ud mendaftar ke KPU.

Ketua KPUD Balikappan Noor Thoha mengatakan, ada empat pasangan yang mendaftar pada pemilihan kepala daerah mendatang.

Para bakal calon wali kota dan wakil wali kota memenuhi syarat pendaftaran mempergunakan jalur perseorangan dan partai politik sesuai ketentuan undang undang.

“Pilkada Balikpapan ada empat nama pasangan calon,” kata Ketua KPU Balikpapan, Noor Toha.

Keempat pasangan calon tersebut adalah Abdul Hakim – Wahidah dan Achdian Noor – Abriantinus, yang kedaunya mengambil jalur Independen atau perorangan yang sampai saat ini masih dalam proses verifikasi.

Juga ada pasangan Rizal Effendy – Rahmad Mas’ud yang memilih mempergunakan jalur partai politik dari parpol PDIP, Demokrat, PPP dan Nasional Demokrat.

“Ada pasangan lain juga yang masih akan datang mendaftarkan diri. Yakni pasangan Heru Bambang-Sirajuddin yang mendapat dukungan suara dari Gerindra dan Hanura,” kata Thoha.

Sedangkan calon Partai Golkar terancam gagal meramaikan pilkada Balikpapan saat belum memastikan pendaftarannya. Pasangan Andi Burhanuddin Solong – Abdul Hakim Rauf disebut sebut belum mengantongi surat keputusan DPP Golkar kubu Ancol maupun kubu Bali.

KPU Balikpapan masih melakukan verifikasi syarat dukungan lewat jalur perseorangan dan partai politik ini. Khusus untuk timses Rizal Effendy – Rahmad Mas’ud juga harus melengkapi dari surat putusan DPP Demokrat dan DPP PPP.

“Kalau Demokrat harus menunjuk pelaksana tugas pengurus DPC sedangkan PPP harus memperoleh surat keputusan DPP kubu Djan Fariz. Batas waktunya besok. Meski demikian pasangan Rizal Effendy – Rahmad Mas’ud tetap sah mendaftar dengan mendapatkan suara dukungan PDIP dan Nasdem saja,” tuturnya.

Jumlah daftar pemilih tetap pilkada Balikpapan sudah ditetapkan sebanyak 600 ribu jiwa. (michael)

Berita Terkait