Berita Headline Nasional 

Gubernur Kalbar Cornelis terpilih Presiden Dayak MADN

Salam komando, Presiden Dayak Cornelis (baju merah) dengan Teras Narang. (michael/cahayakaltim.com)
Salam komando, Presiden Dayak Cornelis (baju merah) dengan Teras Narang. (michael/cahayakaltim.com)

PALANGKA RAYA, cahayakaltim.com–Musyawara Nasional (Munas) ke IV Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) tahun 2015 yang berlangsung cukup demokratis di gedung kalawa confrency centre Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menunjuk Gubernur Kalimantan Barat, Drs Cornelis MH menggantikan Teras Narang sebagai Presiden Dayak untuk 5 tahun kedepan.

Cornelis terpilih berdasarkan hasil musyawara dan mufakat 7 petua adat MADN dari 4 provinsi di kalimantan yang diterima oleh tokoh dan pengurus adat Dayak Kalimantan yang hadir dalam Munas kali ini.

“Ini tanggungjawab yang cukup tinggi bagi saya. Untuk itu, kedepan masyarakat adat Dayak menjadi pokok utama program kedepan dalam menigkatkan sumber daya manusia,” kata Cornelis, kepada cahayakaltim.com, usai dipilih sebagai Presiden Dayak MADN, Sabtu (19/9/2015) di Palangka Raya.

Selain itu, kata Cornelis, setelah dibentuk pejabat dan dupeti MADN, progeam yang sudah dibentuk akan segera dilakukan.

Munas MADN ke empat tahun 2015 ini, selain memilih Presiden Dayak yang baru, juga membahas beberapa hal, diantaranya, menolak transmigrasi ke Kalimantan dan mengusulkan adanya utusan Mentri dari Kalimantan di era kepemimpinan pemerintah Jokowi-JK.

Selain dua hal tersebut, Munas ini akan melakukan beberapa langkah dan kegiatan dengan tujuan meningkatkan sumber daya manusia dan juga meningkatkan harkat dan martabat masyarakat adat Dayak. (michael)

Berita Terkait