Berita Headline Berita Terkini Ekobis 

Hitachi Berminat Investasi di Smart City Kukar

20130319

 

TENGGARONG, Cahayakaltim.com–Rencananya perusahaan ini akan berinvestasi dan membangun sejumlah fasilitas umum yang di klaim sangat ramah lingkungan. Seperti kendaraan mobil listrik, pengunaan listrik mengunakan panel tenagah surya dan membangun pusat perbelanjaan yang megah.

“Selain itu dalam master plainig nantinya, juga akan membangun sebuah rumah sakit yang khusus menangani penyakit kangker. Dengan metode penyembuhan mengunakan sinar laser,” kata News Costomer Develoment Busniess Development Dept PT Hitachi Asia Indonesia Obed Irawanto, Selasa (28/7/2015) di Tenggarong.

Pertemuan itu dihadiri Pj Bupati Kukar H Chairil Anwar, Asisten II Setkab Kukar Bahteramsyah dan Kepala BPMPD Bambang Arwanto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar Sri Wahyuni dan dinas/instansi terkait lainnya.

Dijelaskan dia, Rumah sakit yang mengunakan sinar laser untuk membunuh akar sel kangker tersebut juga merupakan trobosan baru dibidang teknologi kesehatan, ini merupakan rumah sakit satu-satunya di Indonesia yang mengunakan metode pengobatan cangih dan ini hanya diterapkan oleh lima rumah sakit di dunia,”katanya.

Namun pembangunan kawasan smart city ini tentunya perlu.mendapatkan dukungan dari beberapa unsur. Sebab jika dilakukan oleh pihak Hitachi saja, penyelesaiaannya dipastikan akan menghabiskan waktu yang begitu lama.

“Investasinya bisa berasal dari Universitas Teknologi, perusahaan proverti, lising dan sebagianya,”jelasnya. Pembangunan kawasan smart city sendiri tidak bisa diselesaikan secepatnya, seperti yang dilakukan di Jepang yang hanya.menempuh waktu 8 tahun.

“Setiap daerah itu berbeda ada yang bisa sampai 15 tahun, itu tergantung dari masuknya investasi dari beberapa pihak,”pungkasnya. Perusahaan Hitachi ini juga mengandeng PT Ichom sebagai tim perancang. Rencananya pembangunan area smart city akan dibangun dibeberapa titik lokasi seperti kota Tenggarong dan Tenggarong Seberang.  (hms)

Berita Terkait