Februari 27, 2021

cahayakaltim.com

Jernih Inspiratif

HPSN, Sehari Gelar Aksi Bersih, Kumpulkan 10 Ton Sampah

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com—Memperingati Hari Peduli Smapah Nasional (HPSN) yang  jatuh pada 21 Februari, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Timur bersama TNI dan Polri menggelar aksi bersih-bersih masal di beberapa tempat di Kota Balikpapan.

Kegiatan sosial yang diawali dengan menggelar Apel di bibir pantai Sekolah Polisi Negara SPN Polda Kaltim di Stalkuda, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Gunung Bahagia ini, melibatkan ribuan peserta baik dari DLH, TNI, Polri dan instansi pemerintah lainnya juga melibatkan Mahasiswa dan pelajar.

Kawasan yang menjadi titik aksi bersih-bersih ini dilakukan di 8 titik, diantaranya kawasan Pasar Balikpapan Permai, Pasar Klandasan, Pelabuhan Semayang, Pasar Pandansari, Kampung atas air, Kariangau, Terminal Batu Ampar, dan bandara lama.

Kepala DLH Suryanto mengatakan, aksi bersih-bersih massal tersebut berhasil mengumpulkan kira-kira 10 ton sampah dari berbagi lokasi. “Sampah yang sudah terkumpul kemudian diarahkan ke tempat pembuangan akhir (TPA) untuk kemudian ditimbang. Kamu juga mencatat plat mobil yang melakukan kerja bakti massal,” katanya.

Dengan begitu, maka diketahui mana sampah dari peserta bersih-bersih massal. Jumlah keseluruhan sampah yang berasal dikumpulkan selanjutnya akan dilaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Menurut Suryanto, keterlibatan TNI maupun polri dalam kegiatan ini dikarenakan memang ada instruksi dari Kapolri maupun Kasad. bahwasanya seluruh anggota TNI maupun polri juga harus terlibat dalam pengurangan sampah.

, “Pak Wali Kota juga diundang di pusat atas arahan presiden bersama 10 menteri. Pada tahun ini HPSN dipastikan akan dilakukan besar-besaran. Balikpapan pun nanti masih akan terus melaksanakan giat yang berkaitan dengan HPSN pada bulan Maret,” jelasnya.

Giat tersebut antara lain berupa talksow dan sosialisasi. Juga kan ada kegiatan HPSN di TPA Manggar, seperti mengumpulkan generasi muda agar mengetahui seperti apa tempat pembuangan akhir. Dari hasil keberangkatan wali kota ke Jakarta, jika diketahui ada arahan dari menteri agar dilakukan evaluasi persampahan.

“Harus dilakukan kegiatan secara besar-besaran, kami juga akan membeli peralatan. Sony itu untuk personil maupun sopir petugas kebersihan juga harus diperhatikan kesejahteraannya. penjelasan masalah sampah termasuk fokus pemerintah,” tuturnya.

Untuk diketahui, per harinya sampah Balikpapan yang diangkut ke TPA keseluruhan beratnya mencapai 437 ton. Itu artinya apabila tidak dilakukan kerja bakti HPSN, maka sekitar 10 ton sampah tidak terangkut. Upaya pengurangan sampah, Kota Balikpapan kini sudah memiliki perwali nomor 8 tahun 2018 tentang pengurangan kantong plastik.

Penerapan perwali tersebut, sudah berhasil menurunkan sampah kurang lebih mencapai 56 ton per bulan. Selanjutnya telah disiapkan pada pengurangan sampah yang kini prosesnya sudah ditandatangani wali kota dan tinggal menunggu dari gubernur Kaltim.

. “Mudah-mudahan nanti pada bulan Maret bersamaan dengan kegiatan HPSN bisa dilakukan launching perda pengurangan sampah tersebut. kemudian selanjutnya tinggal di siapkan perwali perwali terkait larangan penggunaan plastik,” tandasnya. (*)

Penulis : Resy Widya S (Echi)

Editor : Michael M

Posts Grid

%d blogger menyukai ini: