Berita Headline Kodam Mulawaran 

Hutan Kutim terbakar, Pangdam turunkan enam truk angkut pasukan dan peralatan

(dok/cahayakaltim.com)
(dok/cahayakaltim.com)

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Panglima Kodam VI/Mlw Mayor Jenderal Benny Indra Pujihastono, S. I.P, memberangkatkan 6 truk prajurit ke Muara Ancalong, Kutai Timur.

Pemberangkatan tersebut dilakukan untuk memadamkan api yang membakar hutan di wilayah timur Kalimantan Timur.
Pasukan penanggulangan kebakaran tersebut dibekali dengan berbagai perlengkapan seperti 100 m selang air, mobil pemadam kebakaran sebanyak 4 unit, Zonder 1 unit, Excavator 3 unit, Alkon sebanyak 43 unit.
Disinggung rencana pemadaman titik api di wilaya Kutai Timur, Pangdam Benny Indra, berharap dalam setiap pemadaman hutan agar sekecil apapun potensi api di hutan agar sesegera mungkin dilakukan pemadaman sebelum api tersebut terlanjur membesar sehingga menyulitkan dalam pemadamannya.
Selain itu Pangdam VI/Mlw mengatakan, penanggulangan terhadap kebakaran hutan dan pencemaran asap sebagaimana yang terjadi tahun lalu diharapkan seminimal mungkin kita antisipasi tahun ini.
Yakinlah bahwa tugas ini merupakan tugas mulia bagi seorang prajurit, kemuliaan itu terletak pada tugas untuk menyelamatkan ekosistem hutan dan dampak yang ditimbulkan terhadap masyarakat.
“Kepada setiap prajurit yang tergabung dalam pasukan pemadam kebakaran ini agar dapat menyisir pada setiap sudut hutan yang berpotensi terhadap timbulnya titik api kebakaran dan memanfaatkan serta mengefektifkan alat pemadaman yang dibawa, serta hendaknya prajurit tidak mudah menyerah terhadap kondisi yang ada dan senantiasa memperhatikan faktor keamanan dalam kondisi yang sulit sekalipun”, kata Pangdam. (alfian tamzil)

Berita Terkait