Inilah toilet termahal di Dunia

Pernah mencicipi bagaimana rasanya buang air besar dan air kecil di toilet termahal di dunia? Kalau belum, apakah anda ingin mencobanya? Anda hanya perlu melewati berbagai prosedur rumit karena toilet ini tidak berada di Bumi. Salah satunya menjadi astronot untuk ‘menikmati’ toilet yang berada di pesawat luar angkasa International Space Nation (ISS). NASA membutuhkan dana US$ 19 juta atau sekitar Rp 266 miliar untuk membangun toilet ini. Sangat mahal untuk ukuran toilet yang berukuran mini dan dianggap tidak nyaman oleh para astronot.

Kondisi luar angkasa yang benar-benar berbeda dengan Bumi membuat peralatan di pesawat luar angkasa ISS harus menyesuaikan. Mengutip informasi laman Softpedia, Kamis (24/9/2015), kondisi toilet di stasiun luar angkasa ISS sangat berbeda dengan yang ada di Bumi. Water closet (WC) yang ada di Bumi memiliki lubang berukuran diameter yang besar, mulai dari 30-40 cm atau sekitar 12-16 inci.

Meskipun berbiaya miliaran, toilet di ISS ini lebih kecil dari ukuran toilet umum di Bumi. Bayangkan saja para astronot harus buang air besar di WC yang ukuran lubangnya hanya 10 cm atau 4 inchi. Beda lagi jika ingin buang air kecil. Mereka harus menggunakan selang khusus agar proses tersebut berjalan lancar dan tidak berceceran.

Tidak adanya gravitasi di luar angkasa, menjadi alasan khusus kenapa NASA membangun toilet luar angkasa sedemikian rupa. Jika ukuran WC di ISS sama dengan ukuran normal di Bumi, maka limbah feses atau urine yang dikeluarkan akan mengambang kesana kemari.

Tak hanya itu, NASA juga melengkapi toilet ISS dengan kamera di lubang WC agar para astronot bisa menyaksikan kembali “reka ulang” aktivitas mereka di toilet. Lalu kemana limbah manusia ini berakhir? Nah, toilet ISS ternyata dilengkapi dengan alat penghisap limbah yang akan memasukkannya ke dalam wadah khusus. Nantinya limbah tersebut akan dibuang ke luar angkasa. (Tha)

Sumber : Liputan6

 

Berita Terkait