Berita Headline Bumi Etam 

Kabut asap mulai selimuti Samarinda

kabut asap samarinda. (tribun kaltim/dok)
kabut asap samarinda. (tribun kaltim/dok)

SAMARINDA, cahayakaltim.com –Karena kabut asap di Kalimantan Timur (Kaltim) yang semakin pekat, sejumlah jadwal penerbangan dari dan menuju samarinda terganggu.

Akibatnya, sejumlah penerbangan menuju bandara perintis di kawasan pedalaman kalimantan terpaksa ditunda.

Penundaan tersebut dikarenakan jarak pandang yang makin terbatas, sehingga tidak sesuai standar keamanan pendaratan pesawat terlebih di pedalaman Kaltim.

Terganggunya jadwal penerbangan sudah berlangsung selama tiga hari terakhir. Banyak penumpang yang harus menunggu hingga berjam-jam menunggu kondisi kabut asap berkurang.

Stasiun meteorologi dan geofisika Kota Samarinda menyebutkan kondisi kabut asap pekat disebabkan oleh bertambahnya jumlah hotspot di Kaltim.

Kepala BMKG Kota Samarinda, Sutrisno mengatakan kondisi kabut asap di Kaltim semakin pekat. Hal ini merupakan dampak dari semakin meningkatnya jumlah titik panas yang terus bertambah dan meluas.

“Sudah dua hari belakangan ini mengalami jumlah kenaikan hospot yang cukup signifikan, terutama di daerah-daerah bagian selatan,” ujarnya, kepada cahayakaltim.com di Samarinda, Rabu (9/9/2015).

Ditambahkan Sutrisno, udara Kota Samarinda saat ini sudah diselimuti kabut asap pekat.

“Dari data BMKG Samarinda, kandungan asap di udara saat ini sudah mencapai 180 mikro gram per meter kubik. Meski belum membahayakan, kondisi ini sudah bisa disebut situasi waspada. Udara dinyatakan tidak sehat jika kabut asap melebihi 250 mikro gram per meter kubik,” kata Sutrisno. (Raya Fatahillah)

Berita Terkait