Berita Headline Bumi Etam 

Kabut asap, tunda terbang ke Kalsel dan Kalbar, batal ke Berau

Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan. (michael m/cahayakaltim.com)
Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan. (michael m/cahayakaltim.com)

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com– Jarak pandang tertutup kabut asap, membuat aktifitas di beberapa bandara terutama di Kalimantan terganggu. Sebelumnya bandara Palangkaraya ditutup, kali ini penerbangan ke Berau ditutup sejak Sabtu (17/10/2015).

Menurut Kepala Penerangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Awaluddin,  tutupnya penerbangan karena jarak pandang di Berau terpantau di bawah 500 meter sejak Sabtu kemarin, termasuk  Senin ini. Kondisi serupa juga terjadi di Palangkaraya dengan jarak pandang masih berkutat di rentang 100-400 meter. Jarak pandang seperti itu dirasa tidak aman bagi kegiatan penerbangan.

“Penerbangan dari Balikpapan cancel karena tujuan bandara Juwata di Berau tutup karena asap,” kata Awaluddin, Senin (19/10/2015).

Tutupnya penerbangan ke dua kota itu menambah panjang daftar gangguan asap pada kegiatan penerbangan di Balikpapan. Awaluddin mengatakan, setidaknya lima jadwal penerbangan terganggu tiap hari di SAMS Sepinggan, dan meningkat sejak Sabtu lalu. Gangguan itu baik berupa pembatalan terbang maupun penundaan.

“Balikpapan saja 900 meter pada pagi tadi. Kondisi seperti itu pilot biasanya sudah mengambil keputusan terbang, mendarat, atau tidak,” kata Kasi Informasi dan Data BMKG Balikpapan, Abdul Haris Z.

Sebagai contoh di hari Minggu (18/10/2015) kemarin. Enam penerbangan cancel di hari Minggu dan empat mengalami penundaan (delay). Diantaranya, maskapai Lion Air, Garuda Indonesia, dan Sriwijaya Air, dan Batik Air, batal terbang ke Berau dan Tarakan. Sementara ke Banjarmasin dan Pontianak mengalami penundaan 1-3 jam.

Senin pagi hingga siang, penerbangan kembali terganggu. Awaluddin mengungkap, dua penerbangan ke Berau dan Pontianak batal hingga siang tadi. Sedangkan tiga penerbangan ke Banjarmasin dan Tarakan mengalami penundaan.

Kondisi normal, sebenarnya terdapat 88 penerbangan di SAMS Sepinggan saban hari. Rata-rata 8.000 calon penumpang per hari atau sekitar 290.000 penumpang per bulan memanfaatkan jasa penerbangan di bandara ini. Gangguan asap pada jadwal penerbangan mengakibatkan banyak penumpang telantar. (dj zebua)

Berita Terkait