Berita Headline Bumi Etam 

Kebakaran hutan dan kabut asap ancam 700 oranghutan BOSF

kebakaran hutanSAMBOJA, cahayakaltim.com – Api kembali berkobar di kawasan hutan kelola Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (29/9/2015). Api muncul di bekas kebakaran sebelumnya.

Landasan helicopter hangus terbakar.  “Heliped jauhnya 200 meter dari kantor dan tempat penimbunan bahan bakar,” kata Humas BOSF, Nico Hermanu.

Kebakaran kali ini berada di bekas kebakaran yang lalu. Kebakaran bisa diatasi gabungan perbantuan dari BPBD Kukar, Manggala Agni Penajam Pasir Utara, Pertamina, hingga puluhan tentara dari Koramil dan Detasemen Kavaleri Kodam VI Mulawarman. “Berhasil dilokalisasi tapi belum jinak,” kata Nico.

Kebakaran terus melanda berulang di kawasan kelola BOSF. Pertama, pada 31 Agustus-1 September 2015 lalu, 30 ha habis terbakar dan merusak 1.000 pohon. Kemudian, kebakaran kembali terjadi di 23-25 September 2015, dengan lebih dari 100.000 pohon rusak akibat kebakaran itu.

Kebakaran hingga kini merusak lebih 200 hektar (ha) lahan dan menghancurkan lebih dari 100.000 pohon batang keras seperti gaharu, meranti, bengkirai, hingga pohon buah seperti nangka. “Kami menanamnya sejak 2001,” kata Nico.

Letak kebakaran sebelumnya berbatasan dengan Desa Tani Jaya. Kebakaran tahun 2015 ini dianggap yang paling besar dari yang pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

Kebakaran membuat kawatir pihak BOSF sebagai pengelola penyelamatan orangutan, terlebih melihat semakin mendekati kandang-kandang orangutan.

Asap kebakaran bahkan sudah menjangkiti kandang-kandang dan mengancam kesehatan orangutan dan menimbulkan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) orangutan.

BOSF organisasi nirlaba yang fokus pada penyelamatan orangutan ini berdiri pada 1991. Berada di lahan seluas 1.852 hektare, saat ini memelihara tidak kurang 200 orangutan dari 700 ekor orangutan yang mereka rawat di berbagai daerah.

BOSF juga merawat hewan endemic lain, yakni 46 beruang madu.

(djzebua)

Berita Terkait