Berita Headline Berita Terkini Hukum 

Ketersediaan dan Harga Pangan Jadi Atensi Polda Kaltim Jelang Natal

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com — Ketersediaan pasokan dan stok pangan menjadi salah satu atensi khusus Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kaltim jelang perayaan natal dan tahun baru nanti. Diharapkan, tak ada kenaikan harga bahan pangan.

Ini ditegaskan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) yang baru Polda Kaltim Kombes Pol Budi Suryanto Balikpapan, Senin (19/11/2018).
“Yang paling penting harga stabil dan ketersediaan pasokan cukup. Itu yang akan kita pastikan,” jelasnya.

Dalam upaya memastikan pasokan, stok dan harga bahan pangan agar tetap stabil jelang hingga pasca perayaan natal dan tahun baru itu, ada beberapa langkah yang akan dilakukan. Yakni memastikan koordinasi lintas sektoral dengan instansi yang berkaitan  pangan.

“Kalau ada kenaikan harga, kami akan langsung koordinasi dengan pihak Bulog, Disperindagkop, DPRD, dinas pertanian dan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha),” ungkapnya.

Selain koordinasi, langkah peninjauan langsung ke lapangan seperti inspeksi mendadak (sidak) ke pasar-pasar maupun gudang penyimpanan bahan pangan juga akan dilakukan.

“Kita akan pastikan pasokan dan distribusi pangan aman, lancar. Karena kalau ada kendala dua hal itu, pasti berpengaruh pada harga. Kita juga akan pastikan tidak ada penimbunan pangan,” ujar nya.

Terkait sidak nantinya, sambung Budi, akan di lakukan tak hanya sekali. Hal ini agar pemantauan terhadap pasokan dan harga pangan di pasaran maksimal, yang ditunjukan dengan kestabilan harga dan stok pangan yang tersedia.

“Nanti kita turun ke lapangan sebulan sebelum natal. Tidak boleh hanya sekali. Harus berkali-kali. Untuk sementara ini kita maping dulu. Nanti saya koordinasi dengan instansi mana-mana saja yang terkait dengan pengendalian harga bahan pokok,” tutup budi. (*)

Penulis : Echi

Editor : Michael M

Berita Terkait