Berita Headline Berita Terkini Politik 

Kini Waktu Terbaik Calon Independen

IMG_0780BALIKPAPAN, Cahayakaltim.com–Peserta pemilihan walikota dan wakil walikota dari jaluri ndependen dianggap sebagai alternative akibat kejenuhan profil kader yang diusung partai. Bukan hanya itu, partai juga dinilai belum mampu membuktikan bahwa jalur via kepartaian itu memuaskan pendukung maupun rakyat secara umum.

Salah seorang peserta calon independen di Balikpapan, Kalimantan Timur, bernama Achdian Noor, mengungkap jalur independen berarti pula tidak terkungkung dalam aturan serba  rumit yang diterapkan dalam partai.

“Karena itu ini merupakan saat terbaik bagi calon  independen,” kata Achdian kepada cahayakaltim.com, Kamis (29/7/2015).

Partai dirasa mengingat dan berhubungan dengan balas budi. Modal juga tak sedikit bila terjun lewat partai. Belakangan, kata Achdian, ada saja partai yang menunjukkan ketidakrukunan dalam internal partai hingga mengakibatkan kericuhan, terlebih jelang Pilkada. Rakyat bias jadi skeptic pada system ini.

“Di saat partai tak berhasil mengurus rumah tangganya sendiri, bagaimana dia bias mengatur rakyat yang besar ini,” kata Achdian.

Ia melihat masih banyak yang belum sepenuhnya tersentuh di Balikpapan selama silih ganti kepemimpinan. Ia mencontohkan, perbaikan kualitas SDM warga, perlunya pembangunan pembangkit listrik, persoalan ketahanan air baku warga, bahkan hingga soal minimnya ruang public.

“Alun-alun saja kita tidak ada. Tempat public seperti ini tempat interaksi rakyat dan membuat rakyat kita menjadi pintar. Lapangan yang ada sekaranga dalah milik swasta yang perizinannya rumit,” kata Achdian.

Menurutnya partai melalui wakil rakyatnya di dewan seperti tidak juga banyak member arah perubahan berarti bagi Balikpapan. Karena itu, tanpa partai bukan berarti juga warga tidak berdaya. “Tak ada uang tetap jalan, ada uang harus berbuat lebih baik lagi,” kata Achdian.

Achdian Noor, pemuda belum genap 40 tahun ini memiliki latar usahawan muda. Ia datang bersama wakilnya, Abriantinus untuk mendaftrakan diri ke KPUD Balikpapan. Keduanya menyerahkan berkas pendaftaran calon kepada Ketua KPUD.

Peserta pilkada dari jalur independen di Balikpapan bergairah. Sebelum Achdian-Abriantinus, pasangan lain bernama Abdul Hakim-Wahidah dating mendaftar dijalur independen.

Meramaikan masa pencalonan, tiga pasangan juga melaju lewat jalur partai, petahana Balikpapan Rizal Effendi menggandeng usahawan muda Rahmad Mas’ud sebagai calon wakil walikota nanti.

Heru Bambang menggandeng kader Partai Gerindra, Sirajudin Machmud. Andi Burhanuddin Solong-Abdul Hakim Rauf (ABS-Hakim) juga tiba dengan didampingi oleh petinggi dari dua kubu partai Golkar.

Kedatangan pasangan yang diusung Partai Golkar ini tiba dan menghentikan keraguan banyak pihak akan dukungan partai yang masih terpecah menjadi dua. (dani)

 

Berita Terkait