Berita Terkini Bumi Etam 

Kodam VI Mulawarman bakal operasikan radio AM

(ist)
(ist)

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com—Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman(Kapengdam), Kolonel Infanteri, Andi Gunawan mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan teknik penyiaran radio dengan kembali menggunakan frekuensi AM,  dalam waktu dekat akan meluncurkan radio melalui frequensi amplitude modulation (AM).

“Kami (Pendam VI Mulawarman) sudah memiliki radio dan telah mengudara beberapa lalu dengan menggunakan frequensi FM.  Radio FM dengan nama Pronam Liga Perdana ini cukup eksis. Namun kami ingin radio ini bisa menjangkau hingga ke perbatasan. Untuk itulah kami kembali menggunakan frekuensi AM,” kata Andi, kepada cahayakaltim.com, Kamis (14/1/2016).

Alasan menggunakan frekwensi AM, Kapengdam Alumni Akabri 1995 ini menerangkan, terlepas dari tingginya bajet menggunakan FM yang harus mendirikan BTS untuk memperluas jangkauan, frekwensi AM ini juga cukup murah.

“Era digital dan teknologi yang serba canggih, AM juga kini juga ikut dikembangkan. Kendati tak merubah logika penyiaran, namun lebih efisien dan yang terpenting jangkauannya jauh lebih luas. Juga kami ingin prajurit maupun warga di kawasan perbatasan bisa ikut mendengar siaran kami (Pronam FM),” terang Andi Gunawan.

Frequensi radio AM boleh bilang frequensi yang paling lama.  Berbeda dengan radio di frequensi FM yang dalam 30 tahun belakangan ini paling banyak digunakan.

“Memang radio yang ada di frequensi AM saat ini sangat jarang digunakan. Namun kelebihannya adalah,  pemancar radio melalui frequensi AM sangat luas hingga ke perbatasan Kaltara dan Malaysia. Bahkan bisa mnejangkau hingga ke luar negeri,” kata Andi. (alfian)

Berita Terkait