Kodam Mulawaran 

Ini persyaratan jadi anggota Kodam VI Mulawarman

tarunataruniakmilBALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Program pendidikan Taruna Akademi Militer merupakan salah satu kegiatan pembangunan kekuatan personel, guna memenuhi kebutuhan perwira yang disiapkan untuk mengawaki organisasi TNI-AD.

Untuk mendukung program tersebut, Mabes TNI-AD melalui Kodam VI/Mlw memberikan kesempatan kepada para remaja putra dan putri untuk menjadi calon Taruna dan Taruni Akademi Militer Tahun 2016.

Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman, Inf Andi Gunawan, mengatakan untuk persyaratan umum pendaftaran Akademi Militer TNI diantaranya, WNI, Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45, pada saat dilantik menjadi prajurit berumur paling rendah 18 tahun, Sehat jasmani dan rohani, Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

“Selain itu harus memenuhi persyaratan lain yang ditentukan dan lulus pengujian atau lulus dari penyaringan, Pria dan wanita, bukan anggota atau mantan prajurit TNI dan Polri,” kata Kapendam Andi Gunawan, kepada cahayakaltim.com, Selasa (23/2/2016).

Persyaratannya juga, kata Andi Gunawan, harus berijazah SMA atau MA Program (IPA) dengan ketentuan nilai NEM atau UAN, Lulusan tahun 2011, lulus Ujian Nasional dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 7 dan tidak ada mata pelajaran dengan nilai di bawah 6 (gabungan nilai UN dan nilai ujian sekolah).

Lulusan tahun 2012, lulus Ujian Nasional dengan nilai rata-rata (gabungan nilai UN dan nilai  ujian sekolah) minimal 7,25 dan tidak ada nilai di bawah 6 didalam kolom nilai akhir, Lulusan tahun 2013 Lulus Ujian Akhir Nasional dengan nilai akhir rata-rata (gabungan nilai UN dan nilai  ujian sekolah) minimal 6,87, Lulusan tahun 2014 Lulus Ujian Akhir Nasional dengan nilai akhir rata-rata (gabungan nilai UN dan nilai  ujian sekolah) minimal 6,25.

Lulusan tahun 2015 Lulus Ujian Akhir Nasional dengan nilai akhir rata-rata 60.00 dan tidak ada nilai mata pelajaran di bawah 40.00 di dalam kolom nilai UN, Lulusan tahun 2016 akan ditentukan kemudian, memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 165 Cm untuk pria dan 160 Cm untuk wanita serta memiliki badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

“Pendaftar juga harus mengikuti pemeriksaan atau pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan diantaranya, Administrasi, Kesehatan, Jasmani, Mental Idelogi, psikologi dan Akedmik,” terang Andi Gunawan.

Khususnya Catar Unggulan direkrut dari SMA Unggulan yang ditunjuk program IPA kelas XII, persyaratannya nilai rata-rata UAN akan ditentukan kemudian, bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP selama 10 tahun), Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah NKRI, harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali.

“Orang tua/wali selama proses penerimaan tidak melakukan intervensi terhadap panitia penerimaan dalam bentuk apapun, Tidak bertato atau bekas tato dan tidak ditindik atau bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat,” ujar Andi.

Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung. Apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan.

“Untuk waktu dan tempat Pendaftaran, jelas Andi Gunawan, dibuka selama 2 bulan atau mulai pada hari Minggu I Maret hingga Minggu IV bulan April 2016 melalui Ajendam VI/Mlw Balikpapan, Ajenrem 091/Asn Samarinda, Ajenrem 101/Ant Banjarmasin sedangkan untuk wilayah Kaltara melalui Kodim 0907/Trk Juata Tarakan atau melalui internet on line di www.tniad.mil.id,” tutup Andi Gunawan. (adv/alfian tamzil)

Berita Terkait