Berita Headline Berita Terkini Kuliner 

Kopi durian sajian Indonesia banget

Resto bandara kopiBALIKPAPAN, Cahayakaltim.com—Bagaimana bila kopi yang pahit manis itu memiliki kesan durian dengan sedikit hentakan alkohol. Penyajiannya juga sama, diseduh lalu daging durian dicelup.

Sajian model begini bias ditemui Kafe Raja Tubruk yang terletak di depan check point calon penumpang pesawat di lantai tiga Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan di Balikpapan. Kopi Durian, disebut demikian dalam menu,jadi andalan darien amvarian ngopi di Raja Tubruk.

“Orang ngopi tak mau ribet. Diseduh begitu saja atau istilahnya ditubruk,” kata Food and Baverage Manager Angkasa Pura Retail (APR), Emmy Tobing.

Kopi Durian satu dari enam cara ngopi di Raja Tubruk. Variasi lain sejatinya sudah biasa, mulai campur jahe atau sekadar dengan susu, atau ditambah gula merah dan caramel. Harga sih agak ‘kelewatan’ untuk sekelas tubruk atau sajian ala rumahan. Kopi Durian memang Rp 38.000 per cangkir 250ml. Kopi hitamnya saja Rp 20.000 per cangkir. Lain lagi bila dicampur caramel atau pun jahe.

Tidak hanya itu, juga tersedia varian minuman untuk yang tidak ngopi, sebutlah bajigur, jahe panas, bandrek, dan susu jahe. Sedangkan untuk anak-anak, mungkin bias memilih aneka jus segar, air mineral, softdrink, atau teh. Semua dengan pilihan rasa dengan Cuma menambahRp 5.000 untuk tiap pilihan.

Untuk menemani kenikmatan ngopi, kafe ini juga menyajikan makanan berat yang Indonesia banget, seperti pepes kepiting, mantau, lontong sayur, hingga nasi pecel. Rerata hargaRp 20.000 hingga Rp 65.000 per porsi.

resto bandara“Duren lokal, duren medan yang paling dicari. Setelah melalui penelitian kami, asam dari kopi akan bercampur dengan alcohol dari durian dengan hasil yang jauh lebih baik ketimbang durian, missal montong,” kata Firly.

Begitu ngopi memang tradisi dengan alas an sederhana, ngopi yang opi dan tak ribet. Seduh lantas diminum, bukan? Cara ini menurut mereka adalah cara ngopi mula-mula orang Indonesia. Seperti tagline yang diusung Raja Tubruk: Minum Kopi Cara Indonesia.

APR Cuma membuka gerai kopi ini di Bandara SAMS, kini. Pengguna jasa bandara dan penerbangan menjadi pangsa pasar mereka. Mereka yang hendak terbang dari Balikpapan tentu dapat mampir sembari menunggu waktu keberangkatan.

Angkasa Pura I (Persero) perkenalkan gerai ini sebagai usaha terbaru di bisnis ritelanak usaha mereka, APR. Bersama dengan peresmian Kafe Raja Kopi juga dibuka resto nasi padang yang dinamai Onde Mande, juga di lantai 3 terminal keberangkatan.

Dua resto anyar itu sejatinya dibuat oleh PT Angkasa Pura Retail (APR), anak usaha AP I. Perusahaan induknya ini memandati APR meningkatkan bisnis di 13 bandara di Indonesia melalui kegiatan ritel. Kafe kopi dan resto nasi padang ini dua usaha ritel terbaru mereka. (dani)

 

Berita Terkait