Berita Headline Politik 

KPU akui verifikasi calon perseorangan terbatasnya waktu

Noor Thoha

BALIKPAPAN, Cahayakaltim.com—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan mengakui keterbatasan waktu yang tersedia dalam melakukan  verifikasi faktual baik di tingkat PPS , PPK hingga KPU, terkendala karena keterbatasnya waktu.

Melakukan verifikasi faktual terhadap data dukungan pasangan calon perseorangan ini dengan total sekitar 200 ribu dukungan suara yang tersebar di seluru Kelurahan maupun Kecamatan yang ada di Kota Balikpapan, memang tidak mudah dan idiealnya membutuhkan waktu berbulan-bulan.

“Keterbatasan waktu memang sangat terbatas. Tetapi itulah aturan dalam proses Pemilihan kepala daerah ini yang harus dilakukan. Sehingga verifikasi faktual terkesan terburu-buru,” kata Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha, kepada cahayakaltim.com, usai jumpa pers di gedung KPU , Jumat (21/8/2015) sore.

Kendati menemukan keterbatasan tersebut, namun proses atau tahapan demi tahapan dalam Pilkada di Balikpapan sampai saat ini masih berjalan sesuai dengan jadwal.

Menanggapi hasil rapat pleno terbuka dengan PPS dan PPK beserta utusan pangan calon perseorangan, Noor Thoha mengatakan hasil pleno tersebut akan dilanjutkan dalam rapat pleno tertutup internal KPU.

“Hasil pleno terbuka ini masih akan dibahas dalam rapat internal KPU. Nantinya akan membahas soal persyaratan administrasi semua pasangan calon termasuk perseorangan,” kata Thoha.

Dengan kata lain, kendati calon perseorangan dalam verifikasi faktual mendapatkan hasil tidak memenuhi syarat (TMS), namun hasil tersebut masih menunggu putusan rapat internal KPU. (michael)

Berita Terkait