Berita Headline Berita Terkini Politik 

KPU Balikpapan mulai lakukan verifikasi faktual berkas calon

Aa kpu berkas

BALIKPAPAN, Cahayakaltim.com — Hari terakhir penyerahan berkas dukungan calon perseorangan dalam memeriahkan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) Balikpapan, secara hampir bersamaan menyerahkan berkas ke KPU.

Pasangan independen Achdian Nor – Abriantinus (AA) membawa puluhan kardus dan 6 kotak plastik yang di bawa dengan menggunakan 6 mobil dan 1 pickup bersama belasan timsesnya, menyerahkan secara langsung berkas tersebut ke KPU Balikpapan, Jumat (7/8/2015) sekitar pukul 14.00 Wita.

Abriantinus mengatakan, berkas dukungan yang mereka dapatkan ini dari berbagai elemen masyarakat, sehingga bisa mencapai lebih dari apa yang diharapkan.

“Dukungan ini datangnya dari komunitas minoritas, juga dari organisasi, tetangga, kerabat dan simpatisan,” kata Abriantinus Jumat (7/8/2015) siang di kantor KPU.

Berkas dukungan yang berhasil dikumpulkan mereka mencapai 110 ribu. Sedangkan kekurangan pasangan AA ini waktu lalu mencapai 87 ribu berkas dukungan.

“Saya sangat berapresiasi kepada timses kami yang bekerja keras untuk mendata satu per satu berkas dukungan ini. Apa yang mereka lakukan hingga rela bekerja tak kenal waktu, merupakan salah satu motivasi kami untuk tetap semangat maju dalam pilkada d Balikpapan,” kata Achdian Noor.

Selain pasangan AA, sekitar pukul 14.30 wita, tim dari pasangan dr Abdul Hakim-Wahidah membawa berkas yang diangkut dengan dua mobil. Berkas yang sudah susun rapi ini dijilid dan langsung dimasukkan ke Gedung KPUD bagian belakang.

 

Pasangan suami istri ini membawa 91.336 berkas dukungan. Sedangkan kekurangan sekitar 79 ribu. Sampai pukul 15.25 wita suami istri tidak hadir.

Pada kesempatan yang sama hadir pula Ketua Tim Pemenangan Abah (Andi Burhanuddin Solong -Abdul Hakim) Damanhuri didampingi anggota tim. ” berkas kita sudah lengkap,” katanya.

Dari anggota tim disebut, berkas yang dilengkapi yakni surat keterangan bebas Hutang dari pengadilan.

Dalam penerimaan kelengkapan berkas bakal calon ini hadir Ketua Panwaslu Jumiko pada pukul 15.15 wita mendampingi komisioner KPUD.

Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha mengatakan usai menerima berkas dukungan calon perseorangan, akan langsung dilakukan verifikasi kegandaan oleh personil KPUD.

Verifikasi faktual akan dilakukan hingga tanggal 16 Agustus. Jika tenaga PKK, PPS, kurang akan mengambil tenaga dari petugas pemutahiran data.

“Jika Verifikasi secara faktual ditemukan ada nama warga yang mendukung namun yang bersangkutan tidak merasa memberikan dukungan. Maka kami akan coret. Kalau kita kesulitan menemukan pendukung kita akan minta bantuan timses menemukan pendukungnya,” kata Thoha.

Setelah Itu akan dilaksanakan pleno PPK 16 Agustus. Dan terakhir pleno KPUD 24 Agustus. (michael)

Berita Terkait