Berita Headline Politik 

KPU tetapkan Rizal-Rahmad pemenang Pilkada Balikpapan

(alfiantamzil/cahayakaltim.com)
(alfiantamzil/cahayakaltim.com)

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Setelah gugatan pilkada kota Balikpapan ditolak oleh Mahkamah Kontitusi pada 22 Januari lalu, maka secara resmi pasangan Rizal Effendi dan Rahmad Mas’ud ditetapkan sebagai pemenang dengan perolehan suara sebesar 44,65 persen.

Penetapan pasangan Rizal Rahmad dilakukan melalui Rapat Pleno Terbuka yang digelar di ruang serbaguna Kantor Komisi Pemilihan Umum kota Balikpapan.
Hadir pada acara Rapat Pleno terbuka tersebut diantaranya Ketua DPRD Balikpapan, Kapolres Balikpapan, Danlanal Balikpapan, Danlanud Balikpapan, Kepala Kejaksaan Negeri Balikpapan dan Ketua Pengadilan Balikpapan.

Selain dihadiri oleh unsur muspida, turut hadir beberapa kepala SKPD Pemkot Balikpapan, serta perwakilan partai pengusung pemenangan pasangan Rizal Rahmad serta beberapa ketua partai politik.

Sesuai dengan surat keputusan KPU Balikpapan Nomor 3/BA/1/2015 yang menetapkan bahwa pasangan Rizal Effendi dan Rahmad secara syah dinyatakan sebagai pemenang pada pemilihan kepala daerah tahun 2015.

Setelah ditetapkannya pasangan Rizal dan Rahmad sebagai pemenang, hanya tinggal satu langkah lagi, yakni pelantikan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan periode 2015 – 2020. “Kita tinggal menunggu keputusan Mentri Dalam Negeri saja. Kapan dilantiknya walikota dan wakil walikota terpilih ini,” kata Ketua KPU Balikpapan, Noor Toha kepada para wartawan.

Menurut Noor Toha, ada kemungkinan pelantikannya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. “Kemungkinan pelantikannya akan dilakukan secara bersamaan dengan para walikota dan wakil walikota dan bupati serta wakil bupati se Indonesia yang dinyatakan sebagai pemenang pada Pilkada yang diselenggarakan 9 Desember lalu,” ujar Noor Toha. (alfiantamzil)

Berita Terkait