September 28, 2020

cahayakaltim.com

Jernih Inspiratif

Lagi. Pertamina Tanam 2.000 Bibit Mangrov dan Serahkan Buku Lingkungan

 

CAHAYAKALTIM.COM, Balikpapan – Pertamina Integrated Terminal (IT) Balikpapan kembali melakukan penanaman 2.000 bibit mangrove di kawasan konservasi Margomulyo, Balikpapan Barat, Jumat (24/7/2020).

Penanaman mangrove tersebut dihadiri oleh Wali Kota Balikpapan, H. M. Rizal Effendi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Suryanto, Manager S&D Region Kalimantan, Hariyansyah.

Hariyansyah mengatakan, penanaman mangrove tersebut merupakan realisasi dari komitmen Pertamina IT Balikpapan dalam membangun kawasan konservasi Mangrove Margomulyo.

“Selain telah melakukan penanaman 5.000 pohon mangrove, pada tahun 2018 Pertamina IT Balikpapan juga telah membangun rumah edukasi mangrove untuk menunjang kegiatan wisata edukasi lingkungan, khususnya edukasi mengenai manfaat tanaman mangrove untuk keberlangsungan ekosistem di area pesisir”, kata Hariyansyah.

Pada tahun 2019, Pertamina juga telah memberikan bantuan perahu kepada Kelompok Tani Tepian Lestari untuk melakukan pengawasan dan pemeliharaan kawasan Margomulyo dari sampah yang terbawa arus laut.

Senanda juga diungkapkan Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan, Roberth M.V. Dumatubun. Dia mengatakan kegiatan ini  merupakan salah satu program CSR IT Balikpapan di bidang lingkungan, sebagai bagian dari upaya menunjang pencapaian PROPER Emas Pertamina IT Balikpapan.

“Tidak hanya menambah jumlah pohon mangrove melalui penanaman bibit baru, Pertamina juga melakukan pemeliharaan secara berkala untuk memastikan bibit yang telah ditanam bisa tumbuh dengan baik”, lanjut Roberth. Roberth menambahkan bahwa kegiatan penanaman ini juga dalam rangka menyambut peringatan hari mangrove sedunia yang dirayakan pada 26 Juli mendatang.

Dalam sambutannya, Wali Kota Balikpapan menyampaikan apresiasi atas kontribusi Pertamina dalam menjaga kawasan konservasi Margomulyo.

“Hutan mangrove memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kondisi lingkungan dari abrasi, selain itu keberadaan mangrove juga memperkaya ekosistem di sekitarnya,” kata Rizal.

Rizal menambahkan, khusus wilayah Margomulyo, keberadaan pohon mangrove menjadi ekosistem alami untuk hewan Bekantan yang merupakan hewan khas Kalimantan.

“Bantuan dari Pertamina tersebut dapat semakin meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke Margomulyo, dan pada akhirnya bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga ekosistem mangrove,” harap Rizal.

Untuk memperkaya koleksi buku rumah edukasi, Pertamina juga menyerahkan secara bantuan paket buku bertema lingkungan.

Menutup kegiatan tersebut, Roberth mengharapkan dukungan dari Masyarakat dan DLH Kota Balikpapan untuk bersama-sama menjaga kelestarian kawasan konservasi mangrove Margomulyo.

Posts Grid

%d blogger menyukai ini: