Advetorial Berita Headline Berita Terkini Hukum 

LKBH Uniba Siapkan Bantuan Hukum untuk Aktivis Cipayung

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Sehubungan dengan adanya laporan polisi oleh supir truck terhadap aktivis kelompok cipayung (HMI, GMNI, PMII dan GMKI) yang melakukan aksi demonstrasi beberapa waktu lalu, Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum Universitas Balikpapan (LKBH Uniba) akan menyiapkan lebih dari 10 pengacara apabila ada pemeriksaan terhadap mahasiswa tersebut.

Menurut Sekretaris LKBH Uniba – Alumni GMKI Balikpapan, Yotam Wijaya SH mengatakan, bantuan hukum yang diberikan kepada mahasiswa sendiri dilakukan sebagai bentuk pemenuhan hak konstitusional warga negara yang berhak memperoleh bantuan hukum ketika menghadapi persoalan hukum.

“Selain memberikan bantuan hukum kepada mahasiswa, LKBH Uniba juga berharap agar proses pengusutan internal juga dapat dilakukan oleh Propam Polda Kaltim untuk mengukur sejauh mana ketaatan prosedur aparat dilapangan dalam mengawal aksi demonstrasi mahasiswa,” kata Yotam.

Yotam Wijaya S.H

Dia menambahkan, jika ternyata ditemukan ada tindakan yang tidak sesuai prosedur tentunya Propam Polda Kaltim juga dapat mengambil tindakan tegas terhadap oknum anggota kepolisian yang bertugas dilapangan tersebut mengingat banyaknya korban jiwa dari mahasiswa yang jatuh saat demonstrasi tersebut.

‘Balikpapan sebagai salah satu kota maju di Indonesia, sudah barang tentu tidak terpisahkan dari hal-hal yang memang menjadi bagian dari konsekuensi demokrasi yang salah satunya adalah penyampaian pendapat dimuka umum,” ujar Yotam.

Kedepan penyampaian pendapat dimuka umum harus dilakukan secara damai dan tertib baik oleh yang menyampaikan maupun aparat yang bertugas menjaganya agar tidak terjadi kembali kerusuhan dan korban jiwa.

“Aparat kepolisian harus selelu menjunjung tinggi motonya yakni mengayomi dan melindungi masyarakat termaksud juga para peserta demonstrasi,” tutupnya. (***)

Penulis : Echi

Editor : Michael M

Berita Terkait