Berita Terkini Kesehatan 

Maanfaat minyak kelapa untuk kecantikan

manfaat-minyak-kelapa-untuk-kecantikan-151016g

CAHAYAKALTIM.com – Selain bermanfaat sebagai bahan makanan, minyak kelapa juga memiliki segudang manfaat lainnya. Resep kecantikan dan kesehatan dari para leluhur banyak yang mengenakan minyak kelapa untuk merawat tubuh.

Seperti yang dikutip dari Times of India pada Jumat, 16 Oktober 2015 banyak orangtua terdahulu yang mengenakan minyak kelapa untuk merawat rambut dan kulit agar tetap lembut. Sedangkan kandungan antibakteri sangat bagus untuk kesehatan gigi.

Selain beberapa manfaat di atas, masih banyak lagi kegunaan minyak kelapa sebagai berikut.

1. Melembabkan kulit

Minyak kelapa sangat bagus digunakan sebagai lotion atau scrub. Asam lemak di dalamnya membuat kulit menjadi lebih halus, elastis dan terhidrasi.

Penelitian dalan Jurnal Dermatologi Internasional menyebutkan minyak kelapa murni, dapat membantu mengurangi dehidrasi dengan dermatitis atopik.

Untuk menghilangkan sel kulit mati, sebaiknya gunakan minyak kelapa yang berbentuk seperti mentega. Sedangkan untuk kulit kering, gunakan minyak kelapa yang diletakan pada suhu kamar. Sehingga mudah teresap sast dibalurkan pada kulit.

2. Menyehatkan Rambut

Partikel dalam minyak kelapa dapat menembus batang rambut dengan mudah, karena memiliki struktur molekul yang kecil. Sehingga dapat melembabkan, melembutkan dan mencegah kerusakan rambut.

Perawatan minyak kelapa dapat menjaga rambut dari kekurangan proteiin. Selain itu, bagus juga untuk kesehatan kulit kepala karena memiliki sifat menenangkan dan mendinginkan.

Bagi orang yang lebih banyak menghabiskan waktu di ruangan berpendingin (AC), lakukan perawatan intensif dengan minyak kepala murni. Caranya cukup mudah, hanya perlu mengusapkan minyak pada kepala.  Lalu sisir rambut agar minyak meresap hingga ke dalam kulit kepala. Lakukan sebelum tidur dan cuci rambut pada pagi harinya.

3. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan alami di dalam minyak kelapa sangat bagus melembabkan wajah. Serta melawan penuaan dengan mencegah kerusakan radikal bebas.

Sedangkan antibakteri dan antimikroba dapat membantu mengatasi jerawat dan penyakit kulit,  eksim. Kandungan non-iritasi minyak kelapa sangat bagus melindungi kulit yang kemerahan pada saat cuaca dingin.

4. Memutihkan Gigi

Mendorong dan menghisap minyak kelapa melalui gigi dapat mengangkat kotoran gigi, sehingga membuat terlihat lebih putih. Cara ini juga dapat membersihkan bakteri yang terdapat di dalam mulut.

5. Pembersih Wajah

Gunakan minyak wajah sebagai pembersih wajah, karena mudah membersihkan makeup. Kandungan 50 persen asam laurat dan asam lemak  antimikroba menjaga pori-pori tetap bersih, padat dan tidak berminyak.

Selain itu, minyak kelapa juga sangat mudah untuk membersihkan maskara waterproof. Dan juga membantu melembutkan dan melindungi bulu mata agar tetap halus. (Ism/dream)

Berita Terkait