Berita Headline Ekobis Wisata 

Malaysia tawarkan paket wisata plus medical cek up

ist
ist

BALIKPAPAN, CAHAYAKALTIM.com–Malaysia Healthcare Travel Council – MHTC  menggelar acara “Me Time With Friends” The Beauty Healthcare Trip, acara tersebut berlangsung di Hotel Grand Jatra Balikpapan dikemas dalam bentuk talkshow yang mengangkat tema mengenai Health Investment.

Acara ini juga bertujuan untuk mengajak warga Indonesia khususnya warga Balikpapan untuk melakukan Medical Check Up sambil berwisata ke Malaysia, diikuti oleh perwakilan dari rumah sakit Ramsay Sime Darby Healthcare, rumah sakit Mahkota Medical Center, rumah sakit Sunway Medical Center yang akan memberikan pelayanan paket perjalanan medis kepada warga Balikpapan.

Seperti diketahui saat ini kesehatan menjadi hal yang paling utama untuk menunjang hidup, Layaknya sebuah sistem, tubuh kita tersusun dari unit-unit berupa organ yang memiliki fungsi yang saling berhubungan antara satu organ dengan organ yang lainnya.

Oleh karena itu, datangnya suatu penyakit yang merusak salah satu organ turut berpotensi memicu kerusakan organ yang lainnya. Jika kerusakan ini semakin kompleks maka akan berdampak buruk pada tubuh hingga menyebabkan kematian. Sehingga perlu sekiranya kita mengenal penyakit-penyakit yang di sinyalir memiliki potensi mematikan yang tinggi. Dengan demikian kita akan lebih mawas diri untuk menghidari atau mencegah penyakit tersebut agar tidak merusak tubuh kita.

Langkah pertama yang diperlukan adalah Medical Check Up. Ibarat sebuah kendaraan yang harus diperiksa secara rutin, tubuh manusia juga memerlukan pemeriksaan rutin untuk mendeteksi lebih dini kemungkinan penyakit.

Medical Check Up adalah langkah pertama untuk mengetahui gejala-gejala penyakit yang ada didalam tubuh, Medical Check Up ibarat sebuah buku rapor untuk menilai kondisi tubuh dan mengevaluasi serta memberikan informasi yang tepat dan analisis yang akurat terhadap kondisi organ – organ ditubuh kita.

Menurut sumber informasi, Ada 27 penyakit berbahaya yang berpotensi kepada kematian dan penyakit Jantung menduduki posisi pertama, penyakit Stroke, HIV/AIDS, Inspeksi Saluran Bawah Nafas Akut (ISPA), Komplikasi Perinatal, Diare, Tuberkulosis (TBC), Malaria, Kanker, Diabetes, PPOK, Ebola dan lain-lain.

Malaysia Healthcare Travel Council melalui kegiatan ini menawarkan berbagai paket Medical Trip melalui perwakilan dari rumah sakit di Malaysia pengobatan meliputi general check up, Beauty Healthcare dan juga pengobatan lain seperti  kardiologi, onkologi, bedah estetik, bedah robotik, perawatan kesuburan, operasi bariatrik, ortopedi, implan gigi, oftalmologi, neurologi dan estetika prosedur yang meliputi operasi invasif minimal dan berbagai pengobatan lain. 

“Melalui kegiatan ini Malaysia Healthcare Travel Council ingin sekali mengajak warga Indonesia untuk lebih peduli terhadap kesehatan dengan melakukan Medical Check Up sejak dini, Kami memiliki fasilitas rumah sakit yang lengkap dengan dokter spesialis yang berpengalaman serta pelayanan kualitas dunia, melihat banyaknya pasien dari Indonesia yang melakukan pengobatan ke Malaysia, maka kami sangat senang sekali untuk melayani Medical Trip semua warga Indonesia” Mohd Zulhery Fahmy, Regional Director Market Development  Malaysia Healthcare Travel Council mengatakan.

Salah satu rumah sakit yang diwadahi oleh Malaysia Healthcare Travel Council adalah Ramsay Sime Darby Healthcare yang merupakan rumah sakit yang telah beroperasi hampir 30 tahun dengan keunggulan di dalam menangani penyakit Kanker dan juga sebagai pusat kanker terbaik di dunia sebagai kelangsungan hidup tertinggi dan memiliki 50 specialis dan sub specialisnya.

Di balikpapan sendiri Sunway Medical Center memiliki kantor representasi yang berlokasi di Pelita Borneo travel, Balikpapan Permai. Bagi warga Balikpapan dan sekitarnya yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pemeriksaan kesehatan di Sunway bisa langsung datang. Demikian juga Mahkota Medical Center memiliki kantor cabang di Kelandasan Balikpapan yang dapat dihubungi untuk keterangan dan konsultasi bagi masyarakat Balikpapan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pariwisata medis telah menjadi tren yang semakin populer, Malaysia merupakan Negara yang mengalami perkembangan dunia medis yang terus meningkat, Malaysia saat ini menjadi pilihan tujuan wisata medis. Menurut Indeks Tahunan global Pensiun 2015, Malaysia mendapatkan peringkat 94%, yang sebanding dan bahkan sedikit lebih tinggi dari pada Negara tetangga seperti Thailand (89%) dan Filipina (80%) (Sumber: International Living; Annual Global Retirement Index, 2015).

Malaysia juga memiliki harta karun atraksi untuk semua jenis wisatawan, mulai dari keajaiban alam yang menakjubkan, kota cosmopolitan yang sangat modern dengan budaya dan warisan berwarna-warni dan memiliki fasilitas rumah sakit dengan kualitas dunia. Salah satu poin penting yang menjadi pertimbangan kalangan wisatawan medis adalah kualitas pelayanan yang diberikan. Dalam hal ini, Malaysia memiliki kualitas fasilitas medis yang terbaik dan pelayanan yang memuaskan.

Sebagai Hub Halal Global, Malaysia juga merupakan tujuan ideal wisata medis bagi warga Muslim, rumah sakit di Malaysia sangat memikirkan konsep pelayanan yang halal mulai dari makanan halal, tempat beribadah bagi umat Muslim dan obat-obatan yang halal. Hal ini menjadikan Malaysia sebagai “Top Friendly Halal  Holiday Destinations 2014” menurut  Crescentrating, sebuah konsultan perjalanan Muslim yang berbasis di Singapura. 

Jumlah wisatawan medis yang datang ke Malaysia juga terus mengalami pertumbuhan yang konsisten dari tahun 2011 sampai dengan saat ini, dikunjungi oleh lebih dari tiga (3) perempat juta wisatawan kesehatan, dengan 10 wisatawan medis  antara lain dari  Indonesia, India, Jepang, Cina, Inggris, Amerika Serikat, Bangladesh dan Australia.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, Medical Trip bukan menjadi hal yang menakutkan bagi pasien, akan tetapi dapatmembuat pasien merasa lebih rileks saat melakukan pengobatan dan kami sangat senang dapat membantu warga Indonesia khususnya warga Balikpapan yang ingin melakukan pengobatan ke Malaysia. Kami memiliki paket Medical Trip dengan harga terjangkau, sehingga semua warga Indonesia bisa mendapatkan pelayanan pengobatan yang terbaik “ tambah Fahmi. 

Dengan demikian, dengan pelayanan medis terkemuka menyediakan perawatan yang handal, aman dan efektif di lingkungan nyaman dengan kemudahan akses dan harga yang terjangkau, Malaysia sudah pasti menjadi pilihan utama untuk pasien asing yang berobat kesehatan di luar negeri. Industri kesehatan kami telah melangkah maju. (adv/mick)

Berita Terkait