Berita Terkini Sport 

‘Maradona Cilik’ asal Bandung berjaya di Qatar

Abdurrahman iwan bolaCAHAYAKALTIM.com — Satu lagi tunas muda Indonesia menorehkan prestasi di kancah dunia. Abdurrahman Iwan Kuswanto, meski usianya masih sangat belia, tapi kepiawaian bocah yang satu ini dalam menggocek si kulit bundar tak bisa dianggap remeh.

Permainan gaya Panna, Sphageti Style dan tendangan super akuratnya kerap membuat penonton terperangah. Bocah asal Indonesia yang berdomisili di Qatar ini lahir 9 tahun silam di Doha.

Keterampilannya dalam bermain sepakbola mengantarkannya ke Aspire Football Academy, tempat khusus pengembangan talenta anak yang ada di Qatar. Tempat ini menjalankan sistem seleksi terhadap anak-anak yang mempunyai bakat-bakat luar biasa di tiap klub di Qatar. Anak-anak yang lolos seleksi nantinya akan dijadikan sebagai pemain sepakbola nasional negeri penghasil minyak terbesar di dunia itu.

Abdurrahman mulai bermain bola dari umur 5 tahun. Melihat anaknya mempunyai bakat sepakbola yang luar biasa, ayahnya, Iwan Kuswanto yang berasal dari Bandung Jawa Barat mencarikan klub sepakbola supaya bakat tersebut dapat tersalurkan.

Bermodal tekad dan keinginan yang kuat untuk menjadikan Abdurrahman pemain sepakbola profesional dan hebat, maka ayahnya memberanikan diri mendaftarkan anaknya ke klub profesional.

Perjuangan Iwan untuk memasukkan Abdurrahman ke klub profesional sekelas Al-Wakra SC ternyata tidak mudah, mengingat klub tersebut memang diperuntukkan bagi warga lokal atau pribumi.

Namun Ayah Abdurrahman pantang menyerah. Setiap waktu latihan di klub tersebut, diajaklah anaknya nonton di pinggir lapangan lengkap dengan mengenakan baju jersey sepakbola dan sepatu.

Rupanya kehadiran Abdurrahman menarik perhatian seorang pelatih bernama Abdullah, yang akhirnya mengizinkan Abdurrahman berlatih bersama anak-anak lainnya.

Sejak saat itu Abdurrahman Iwan mulai berlatih secara rutin selama 3 kali dalam sepekan di klub professional Al Wakrah SC, tetapi namanya belum bisa langsung terdaftar di klub tersebut.

Waktu terus bergulir, di tahun kedua akhirnya namanya bisa terdaftar di klub Al Wakrah SC secara resmi tepatnya tahun 2012, saat umurnya genap mencapai 6 tahun.

Mendapat posisi sebagai penyerang, Abdurrahman Iwan selalu membawa kemenangan terhadap klubnya, membuat klub-klub lain sangat mewaspadainya sebagai lawan.

Bahkan pernah dalam satu pertandingan Abdurrahman mampu mencetak 14 gol, fantastis. tujuh gol di babak pertama dan tujuh gol lagi di babak kedua sampai saat ini rekor tersebut belum mampu terlewati.

Prestasi yang diraihnya dalam QSL (Qatar Star League) U9 pada 12 September 2015 lalu membawa Al-Wakra SC memenangkan pertandingan. Prestasi demi prestasi diukirnya bersama Al-Wakra SC. Bahkan dalam kurun 2013-2014 Abdurrahman selalu mencetak gol dan assistdalam setiap pertandingan resmi atau persahabatan di Liga Sepakbola Junior Qatar.

Hingga akhirnya Abdurrahman dipanggil untuk mengikuti seleksi pemain muda Qatar di Aspire Football Academy dan terpilih karena performa dan bakatnya yang sangat baik. Sampai saat ini bocah berdarah Bandung itu tergabung di Akademi Aspire dan siap mewujudkan mimpinya menjadi pengganti Maradona. (dream)

Berita Terkait