Sport 

Nilai transfer Liga Primer musim ini mungkin tembus £1 miliar

getty
getty

CAHAYAKALTIM.com–Nilai transfer Liga Primer musim 2015-2016 amat mungkin memecahkan rekor dengan melampaui £1 miliar, seiring dengan penutupan jendela transfer Januari pada Senin (01/02), pukul 23.00 GMT.

Sejak awal musim, besaran nilai pembelian dan penjualan pemain telah menembus angka £870 juta atau setara dengan Rp18,8 triliun. Padahal, jumlah tersebut belum mencakup nilai transfer Januari. Artinya, peluang memecahkan rekor £1 miliar terbuka lebar.

Dari transfer pemain musim ini, sebagian besar dilakukan klub-klub papan tengah dan zona bawah klasemen Liga Primer guna memperkuat tim sehingga tidak terjungkal ke divisi dua musim depan. Hal ini krusial karena setiap klub Liga Primer bakal mendapat jatah £99 juta dari hak siar televisi pada musim 2016-2017.

Wartawan BBC bidang sepak bola, Phil McNulty, mencatat ada sejumlah pemain yang kemungkinan direkrut klub Liga Primer pada jendela transfer Januari sehingga nilai transfer musim ini secara akumulatif bisa melampaui £1 miliar.

Pemain pertama ialah Said Berahino, ujung tombak West Brom yang juga bermain untuk tim nasional Inggris U-21. Oleh Newcastle United, pemain yang telah mencetak enam gol pada musim 2015-2016 tersebut ditawar £21 juta.

Berikutnya adalah Alex Teixeira, gelandang asal Brasil yang memperkuat Shakhtar Donetsk. Klub Ukraina itu menegaskan bahwa Teixeira bisa dilepas seharga £53,5 juta sesuai dengan klausul penjualan dalam kontraknya. Sejauh ini, menurut Sergei Palkin selaku direktur eksekutif Shakhtar, Liverpool telah mengajukan penawaran sebesar £24 juta dengan tambahan £3 juta.

Lalu ada Loic Remy, pemain Chelsea yang direkrut dari Queen’s Park Rangers pada Agustus 2014. Leicester City dan Newcastle United dikabarkan hendak menggaetnya mengingat posisi Remy di skuad Chelsea tidak stabil. (bbcindonesia.com)

Berita Terkait