Berita Headline Politik 

‘PAN dukung pemerintahan’ Jokowi-JK

Image copyrightGETTY IMAGES
Image captionPresiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla dan Ketua MPR Zulkifli Hasan (yang juga Ketua Umum PAN) dalam sebuah acara.

JAKARTA, cahayakaltim.com--Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam jumpa pers di Istana Negara, Rabu (02/09) sekitar pukul 13.15 WIB.

Saya sangat menghargai bergabungnya PAN dengan pemerintah, dan saya mengajak semua pihak untuk menjadikan peritiwa ini sebagai momentum untuk memperkuat kebangsaan dan semangat persatuan.

Dalam jumpa pers itu, Presiden Joko Widodo didampingi Kepada staf kepresidenan Teten Masduki, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Hanura Wiranto, Ketua MPP PAN Sutrisno Bachir, dan Sekjen PAN Edhy Suparno.

“Saya sangat menghargai bergabungnya PAN dengan pemerintah, dan saya mengajak semua pihak untuk menjadikan peritiwa ini sebagai momentum untuk memperkuat kebangsaan dan semangat persatuan,” kata Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan dukungan pihaknya pada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla tidak dilatari kepentingan untuk mendapatkan jabatan kursi menteri di pemerintahan.

“Kita sama sekali tidak membicarakan soal apakah kabinet dan seterusnya,” kata Zulkifli Hasan yang juga menjabat sebagai Ketua MPR.

Belum dikoordinasikan Koalisi Merah Putih

Menurut Zulkifli, dengan bergabungnya PAN dalam pemerintahan Jokowi-JK, PAN akan mendukung semua kebijakan pemerintah yang pro-rakyat.

Ditanya apakah keputusan PAN ini sudah dikoordinasikan dengan Koalisi Merah Putih, Zulkifli mengatakan: “Belum, nanti kita sampaikan.”

Dia kemudian menambahkan, “Tidak tepat lagi bicara Koalisi Merah Putih, Koalisi Indonesia Hebat saat menghadapi situasi ekonomi yang melambat, kita harus mengutamakan kepentingan lebih besar, kepentingan NKRI, kepentingan Indonesia… Tidak lagi kotak-kotak.”

Dalam Pemilu Presiden 2014, PAN bergabung dengan Koalisi Merah Putih yang mendukung pencalonan Prabowo Subianto sebagai presiden.

Sinyalemen dukungan PAN kepada pemerintahan Jokowi-JK sempat beredar ketika isu perombakan kabinet pemerintahan Jokowi-JK muncul. (bbcindonesia)

Berita Terkait