Berita Headline Politik 

Panwas putuskan KPU segera lakukan verifikasi ulang

 

Juwiko SH (michael m/cahayakaltim.com)
Juwiko SH (michael m/cahayakaltim.com)

BALIKPAPAN, cahayakaltim.com — Panitian Pengawas Pemilihan (Panwas) Kota Balikpapan, memutuskan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera melakukan verifikasi faktual ulang terhadap surat dukungan dari pasangan calon perseorangan Achdian Nor-Abriantinus (AA).

Kendati sebagian gugatan dikabulkan yang diajukan pihak AA, namun menurut Ketua Panwas Balikpapan, Juwito dari hasil kajian KPU harus melakukan verifikasi faktual selama 7 hari sejak tanggal putusan atau sejak tanggal 11-17 September 2015.

“Gugatan yang dikabulkan adalah adanya dahlil verifikasi faktual yang tidak dilakukan oleh PPS,” kata Juwiko, Kamis (10/9/2015).

Untuk pelaksanaan verifikasi faktual ulang ini pihak Panwas akan menyurati KPU maupun pihak pasangan calon. “Jumlah suara dukungan yang akan di verifikasi belum bisa di publikasikan karena belum menyurati KPU dan pihak pasangan calon,” tambah Juwiko.

Dijelaskan Juwiko, bahwa dalam sengketa Pilkada ini, Panwas hanya sebagai mediasi. Jadi tugas panwas hanya menyelesaikan sengketa.

“Kami hanya sebagai mediasi. Soal putusan apakah bisa masuk sebagai TMS (tidak memenuhi syarat) atau MS (memenuhi syarat), itu putusan KPU,” jelas Juwiko. (michael)

Berita Terkait