Berita Headline Hukum 

Penagih utang ini juga kurir sabu Kaltara-Kaltim

ilustrasi (ist)
ilustrasi (ist)

BULUNGAN, CAHAYAKALTIM.com – Satuan reserse anti narkotika Kepolisian Resor Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara menangkap pria di Jalan Trans Kaltim-Kaltara dalam perjalanannya menuju Kabupaten Berau di Kalimantan Timur, Jumat (13/11/2015) siang.

Pria diketahui bernama Guntur (35), asal Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan ini ditangkap karena membawa 5 kilogram sabu.

“Pelaku ini mencoba menyelundup dan lolos lewat Nunukan, Tarakan, dan tertangkap di Bulungan. Akhirnya berhasil kita tangkap di sini,” kata Kapolres Bulungan, AKBP Ahmad Sulaiman, Sabtu (14/11/2015).

Guntur sendiri sehari-harinya berprofesi sebagai seorang penagih utang (debt colector). Ia sengaja datang ke Tarakan untuk menjadi kurir sabu dengan tujuan Samarinda. “Rencananya akan diedarkan di Samarinda,” kata Sulaiman.

Sulaiman mengatakan, penyelundupan narkotika di Kaltara memanfaatkan jalur-jalur tikus di perairan berupa pelabuhan-pelabuhan rakyat, baik selat maupun sungai. Mereka berupaya menghindari pantauan polisi.

Guntur dengan seorang teman yang lain menyusuri selat Tarakan dan Sungai Kayan menggunakan speedboat. Namun upayanya akhirnya mulai tercium polisi di tepi Sungai Kayan, Tanjung Selor, pada Kamis sekitar pukul 18.00 Wita.

Keduanya sempat menumpang travel di Jl. Sengkawit Tanjung Selor. Tak lama mobil travel membawa penumpang menuju Berau bersama dua penumpang lainnya. Polisi menghadang travel di sekitar kilometer 12 Tanjung Selor.

Penggeledahan berlangsung di tempat. Polisi menemukan lima bungkus plastik berisi sabu. Totalnya, 5 kg. “Mereka terlihat sudah gelisah saat pemeriksaan. Kami semakin curiga saat itu,” kata Sulaiman. (dj zebua)

 

Berita Terkait