Berita Terkini Sport 

Platini didesak jelaskan pembayaran Rp42,4 M dari FIFA

PlatiniCAHAYAKALTIM.com — Presiden Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA), Michel Platini, didesak menjelaskan pembayaran £1,3 juta atau sekitar Rp42,4 miliar dari FIFA.

Uang ini ia terima pada 2011 untuk tugas-tugas yang ia lakukan sembilan tahun sebelumnya.

Pembayaran tersebut sekarang diselidiki komite etik FIFA di tengah upaya Platini untuk menjadi presiden FIFA, menggantikan Sepp Blatter, yang juga telah diselidiki komite etik.

Sejumlah pegiat yang menuntut reformasi di tubuh FIFA mendesak Platini mengeluarkan rincian soal pembayaran ini, kalau tidak Platini mestinya mundur dari bursa pencalonan ketua FIFA.

Kirim surat ke FIFA

Para pegiat mengatakan FIFA mengirim pembayaran ke Platini ketika Mohamed bin Hammam mengatakan siap menggantikan Blatter sebagai presiden FIFA.

Dua bulan kemudian UEFA menyatakan mendukung Blatter.

“Platini harus menjelaskan mengapa ada pembayaran dalam jumlah besar ini pada 2011 untuk imbalan tugas-tugas yang ia rampungkan sembilan tahun sebelumnya,” kata Damian Collins, anggota parlemen Inggris yang aktif di kelompok New FIFA Now, seperti dikutip kantor berita Press Association.

“Kalau tidak, ia harus mundur dari pemilihan presiden FIFA,” kata Collins.

Platini diperkirakan tengah menyiapkan surat berisi penjelasan pembayaran ini kepada para pengurus FIFA.

Jumat (25/09) pekan lalu aparat dari Kejaksaan Agung Swiss mememinta keterangan Platini terkait kasus pidana yang diduga dilakukan Blatter. (bbcindonesia)

Berita Terkait