Berita Headline Kesehatan 

Sebaiknya lakukan ini sebelum izinkan anak main internet

Bisa jadi anak-anak sekarang tidak ada yang gagap teknologi (gaptek). Sekali pun terlahir dari keluarga yang kurang mampu. Ada warung internet (warnet) dan kebanyakan telepon genggam saat ini miliki fitur yang memudahkan mereka mengakses internet. Bisa juga karena bantuan teman.

Anak yang melek internet menandakan otak mereka mampu merespons segala sesuatu dengan cepat. Namun, tetap butuh perlindungan dari orangtua agar mereka tidak terbawa arus buruk dari internet itu sendiri.

Jadi, sebelum Anda membebaskan mereka mengakses internet sesuka hati, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti dikutip Times of India, Minggu (23/8/2015)

1. Informasikan kepada anak bahwa mereka melawan hukum jika membuat akun email seperti Yahoo! dan Gmail jika masih di bawah 13 tahun. Jika memang perlu, mereka dapat menggunakan email Anda. Sehingga Anda tahu apa saja yang mereka perbuat.

2. Beritahu mereka apa saja bahaya dari internet. Tentu tidak dengan cara menakut-nakuti.

3. Tetap berhubungan dengan orangtua dari teman-teman anak Anda.

4. Diskusikan dengan mereka tentang topik yang ingin sekali mereka ketahui dari internet.

5. Dorong mereka untuk aktif juga bermain di luar bersama teman-teman sebaya di taman tanpa memegang gadget.

6. Dan pastikan pada mereka bahwa saat ini mereka belum memerlukan eksistensi di dunia maya. Seperti Facebook, Twitter, dan Google Hangouts. (lptn6)

Berita Terkait