Berita Terkini Nasional 

Turunkan 5 Tank di Samboja, Kodam asah menembak prajurit

Kodam latihan

BALIKPAPAN, Cahayakaltim.com–Untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI terutama, Batalyon Kavaleri 13/Satya Lembuswana Kodam VI Mulawarman mengadakan latihan menembak senjata kendaraan tempur (Latbakjatranpur) TA 2015.

Latihan menembak tersebut berlangsung di Pusat Latihan Pertempuran Darat Amborawang Kecamatan Samboja selama 3 hari yang dilaksanakan pada tanggal 4 – 6 Agustus 2015.

Program Kerja Batalyon Bidang Latihan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak senjata yang ada di kendaraan tempur dengan mengerahkan 5 unit kendaraan terdiri dari 2 Panser BTR, 1 Panser Anoa serta 2 Tank Canon.

Selama tiga hari, prajurit Yonkav 13/Sl berlatih menembak canon Statis yaitu canon 105 mm dan menembak SMB/SMS Statis Yaitu Senjata SMB 50 mm, MAG 58 mm, Senjata AGL 40 mm. Menembak tersebut dipimpin Pawas Latihan Kapten Kav Alfid Dwi.

Kapten Kav Alfid Dwi mengatakan, kemampuan menembak Senjata Ranpur, merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh setiap Prajurit Batalyon Kavaleri-13/ Satya Lembuswana pada jabatan penembak Senjata Ranpur Satuan Kavaleri.

“Kemampuan ini tidaklah mudah untuk didapatkan, kecuali melalui penyelenggaraan latihan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Diharapkan latihan ini bisa dimanfaatkan untuk mengasah keterampilan, kemampuan dan kehandalan dalam menggunakan kendaraan tempur beserta senjatanya,” kata Alfid. (adv/michael)

Berita Terkait