Balikpapan Kuliner 

Warung gudeg mulai bermunculan di Balikpapan

Ilustrasi Gudeg
Ilustrasi Gudeg

 

 

Balikpapan, Cahayakaltim.com — Belakangan ini, warung gudeg semakin banyak bermunculan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Makanan berbahan baku utama nangka muda dan bercitarasa manis ini, nampaknya mulai digemari sebagian warga di Kota Minyak.

Beberapa warung gudeg yang baru muncul misalnya Gudeg Pawon Bunda’qu di Balikpapan Regency, tahun lalu. Kemudian, yang baru muncul beberapa bulan silam adalah gudeg Selera di area Mal Fantasy Balikpapan Baru.

Satu lagi warung gudeg yang barusan buka adalah di warung mi Jawa “Yogja” di Balikpapan Baru. Selain itu, ada juga warung angkringan di Jalan MT Haryono yang hanya buka di malam hari dan memajang menu nasi gudeg sebagai pilihan menu.

Adapun warung gudeg yang sudah muncul beberapa tahun lalu adalah, Gudeg Ceker Solo di kawasan Balikpapan Baru, serta Gudeg dan Tempe Mendoan di Gunung Guntur. Yang terakhir ini unik juga karena memadukan makanan khas dua daerah, Yogyakarta dengan gudegnya. Sementara Purwokerto yang telah kesohor akan tempe mendoannya.

“Ternyata banyak juga yang menyukai gudeg,” ujar Ibu Ima, pemilik warung gudeg Bunda’qu. Meski begitu, gudeg bikinan ibu ini rasanya sudah “beradaptasi”. Tingkatrasa manisnya masih jauh di bawah rasa asli gudeg yang jauh diatas rata-rata.

Bagi warga Balikpapan seperti Fransisca, adanya gudeg di Balikpapan menjadi obat kangen masakan gudeg Yogyakarta. Namun belum semua warung-warung itu dicobanya. “walau rasanya gudeg di sini tidak semanis gudeg di Yogyakarta, seperti di Wijilan, namun tak mengapa,” ujar ibu berputera satu orang yang menetap di Balikpapan sejak awal 2011 silam ini.

Gudeg adalah makanan yang berbahan baku nangka muda. Masakan khas Yogyakarta yang memerlukan proses memasak seharian ini, biasanya disajikan komplit dengan krecek pedas, tahu dan tempe, telur, daging ayam, dan kuah santan kental yang disebut “areh”. Lebih nikmat disantap bila ditambah krupuk, dan dipungkasi dengan minuman teh hangat. (Atha Nalurita)

Berita Terkait